Cara Mengosongkan Memori Tanpa Menghapus Aplikasi di Ponsel

Cara Mengosongkan Memori Tanpa Menghapus Aplikasi di Ponsel

Cara mengosongkan memori tanpa menghapus aplikasi sangat mudah untuk dipraktikkan. Pada umumnya, seseorang membutuhkan memori internal yang banyak untuk menyimpan dokumen, foto maupun video.

Hampir setiap orang membutuhkan HP sebagai alat untuk berkomunikasi. Selain itu, Anda memerlukan banyak aplikasi untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Hal ini menjadi salah satu penyebab penyimpanan cepat penuh.

Jika ruang penyimpanan internal penuh maka akan menurunkan performanya. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui cara mengosongkan memori agar Anda tetap bisa produktif meskipun banyak aplikasi yang dipasang.

Bagaimana Cara Mengosongkan Memori Tanpa Menghapus Aplikasi?

Berikut ini merupakan beberapa cara yang dapat diterapkan untuk mengosongkan memori. Anda harus mengetahuinya agar tetap bisa menikmati semua aplikasi tanpa takut penyimpanan penuh.

1. Memindahkan File maupun Aplikasi ke SD Card

Di penyimpanan internal banyak terdapat aplikasi maupun permainan. Oleh karena itu, solusi untuk mengatasinya dengan memanfaatkan SD Card. Cara memindahkan ke SD card yaitu sebagai berikut.

Silahkan buka menu pengaturan, pilih aplikasi maupun game yang akan dipindahkan. Klik tulisan pindahkan ke SD card. Lalu, untuk memindahkan file bisa melalui aplikasi file manager.

2. Menghapus Riwayat Pesan

Cara mengosongkan memori tanpa menghapus aplikasi selanjutnya adalah dengan membersihkan riwayat pesan di media sosial. Selama ini Anda masih bisa melihat pesan karena chat tersimpan otomatis di memori penyimpanan.

Faktanya riwayat pesan tersebut memakan banyak ruang penyimpanan. Oleh karena itu, kamu harus rajin menghapus semua riwayat pesan yang sudah tidak lagi dibutuhkan.

3. File Dipindahkan ke Cloud Storage

Memindahkan file ke cloud storage menjadi salah satu solusi terbaik untuk mengosongkan memori di ponsel. Cloud storage bisa digunakan untuk menyimpan berbagai file seperti video, dokumen dan foto.

Cara mengosongkan memori tanpa menghapus aplikasi dengan cloud storage contohnya menggunakan Google Drive, Dropbox dan Mega. Setelah Anda pindahkan ke cloud storage, maka ruang penyimpanan menjadi longgar.

4. Menghapus Lagu-Lagu

File musik memiliki ukuran yang besar sehingga akan memakan banyak ruang. Oleh karena itu, pastikan ponsel tidak dipenuhi dengan musik atau bisa menghapus sebagian.

Hal-hal yang Membuat Memori HP Cepat Penuh

Salah satu permasalahan yang sering dialami para pengguna HP adalah memori penuh. Akibatnya akan menghambat aktivitas dan masih banyak lagi lainnya. Banyak faktor penyebabnya dan Anda wajib mengetahuinya.

Salah satunya karena terlalu banyak menyimpan foto. Oleh karena itu, pilihlah salah satu foto terbaik, lalu sisanya dihapus saja. Pada umumnya, foto dengan resolusi tinggi akan membuat ruang penyimpanan penuh.

Oleh karena itu, jika ingin menyimpan banyak foto sebaiknya menggunakan layanan cloud. Misalnya Google Photos dan lain sebagainya. Apabila banyak sampah dan cache yang menumpuk juga akan menyebabkan penyimpanan penuh.

Begitu juga saat Anda mengaktifkan fitur download file secara otomatis di beberapa aplikasi. Anda harus memastikan bahwa fitur tersebut sudah dinonaktifkan agar tidak memenuhi ruang penyimpanan.

Salah satu cara mengosongkan memori tanpa menghapus aplikasi yang efektif yaitu dengan menghapus cache. Selain itu, Anda juga perlu menghapus semua folder thumbnail.

Folder tersebut berfungsi menyimpan salinan video maupun foto. Jika jumlah foldernya sangat banyak, maka akan memenuhi ruang penyimpanan. Keberadaannya tidak bermanfaat sehingga Anda harus menghapusnya.

Ponsel juga banyak dipakai untuk menyimpan foto-foto terbaik. Namun, jika jumlahnya sudah sangat banyak maka harus segera dipindahkan ke memori eksternal.

Penyebab selanjutnya adalah terlalu banyak menerima file yang dikirim melalui aplikasi seperti Instagram, Telegram, Whatsaap dan lain sebagainya. Pilihlah file yang penting, lalu lainnya dihapus.

Jika ada file penting maka bisa dipindahkan ke komputer menggunakan kabel data atau mengaktifkan transfer file. Bukalah file explorer pada komputer. Selanjutnya pilih data, klik cut dan paste di komputer.

Cara Membersihkan Cache dan Thumbnail untuk Mengosongkan Memori

Cache dan thumbnail sering menyebabkan memori menjadi penuh. Oleh karena itu, Anda harus menghapusnya jika tidak ingin memori internal pada HP penuh.

1. Menghapus File Cache

Cara untuk menghapus cache yaitu dengan membuka menu settings terlebih dahulu. Setelah itu, pergi ke bagian App. Langkah selanjutnya, carilah aplikasi yang akan Anda bersihkan.

Langkah berikutnya adalah pergi ke storage (penyimpanan) dan klik pada bagian clear cache. Setiap tipe HP memiliki langkah-langkah yang berbeda sehingga Anda harus menyesuaikan.

Perbedaan tersebut terjadi karena sistem operasinya tidak sama. Lalu, jika menggunakan Whatsaap maka harus membersihkan file cadangan. Cara menghapusnya yaitu dengan membuka file manager terlebih dahulu.

Setelah itu, masuk ke memori internal dan carilah folder Whatsaap. Setelah Anda membuka folder tersebut, silahkan pilih database. Silahkan pilih semua file, lalu klik delete.

2. Menghapus File Thumbnail

Cara mengosongkan memori tanpa menghapus aplikasi juga bisa dilakukan dengan membersihkan thumbnail dan folder yang sudah tidak terpakai lagi. Adapun caranya seperti berikut ini.

  • Silahkan buka menu pengaturan file manager.
  • Aktifkan show hidden files
  • Anda masuk ke memori internal dan buka folder DCIM
  • Tekan lebih lama pada folder thumbnails
  • Setelah itu tekan tombol delete untuk menghapusnya.

Silahkan ulangi beberapa langkah di atas untuk menghapus banyak folder yang tidak Anda gunakan lagi. Pada kolom pencarian silahkan ketikkan nama aplikasi yang akan Anda hapus.

Tekan folder, lalu klik delete agar ruang kosong pada penyimpanan menjadi lebih banyak. Dengan demikian, Anda tidak perlu menghapus aplikasi penting yang ada di HP.

Banyak cara yang dapat Anda pilih untuk membuat ruang penyimpanan tidak penuh. Oleh karena itu, penting bagi Anda mengetahui berbagai cara mengosongkan memori tanpa menghapus aplikasi.