Cara Mengetahui Nomor Kita Disimpan dengan Nama Apa Tanpa Aplikasi

Cara Mengetahui Nomor Kita Disimpan dengan Nama Apa Tanpa Aplikasi

Menerapkan cara mengetahui nomor kita disimpan dengan nama apa tanpa aplikasi bukanlah hal sulit. Metode seperti ini biasanya akan digunakan oleh pengguna ponsel yang tidak ingin memasang aplikasi khusus.

Apalagi bila kapasitas memori ponsel tidak mencukupi untuk memasang aplikasi khusus tersebut. Pada situasi tertentu, terkadang muncul rasa penasaran nama apa yang digunakan oleh orang lain untuk menyimpan nomor kita.

Apakah Anda juga termasuk salah satunya yang merasakan demikian? Bila ya, simak pembahasan mengenai beberapa cara mengetahuinya sebagai berikut tanpa harus memasang aplikasi di ponsel.

Cara Mengetahui Nomor Kita Disimpan dengan Nama Apa Tanpa Aplikasi Menggunakan Situs Truecaller

Cara mengetahui nomor kita disimpan dengan nama apa tanpa aplikasi pertama menggunakan situs Truecaller. Anda tidak hanya bisa mengaksesnya melalui HP saja, tapi juga laptop maupun komputer.

Layanan satu ini dibuat oleh perusahaan Swedia sejak tahun 2009 silam, tepatnya di Stockholm. Pendirinya bernama Alan Mamedi dan Nami Zarringhalam. Awal mulanya, aplikasi ini dibuat dengan tujuan ingin mengidentifikasi panggilan masuk dari sumber nomor tidak dikenal.

Tapi, seiring berjalannya waktu, fitur tersedia semakin beragam. Salah satunya menyediakan layanan untuk mengetahui nama kontak kita di ponsel teman. Tata cara mengetahuinya sebagai berikut:

  1. Pertama-tama buka browser, lalu akses situs truecaller.com.
  2. Masukkan nomor yang ingin Anda pakai untuk mengecek pada kolom tersedia. Jangan lupa sesuaikan kode nomor bagian awal dengan negara. Bila nomornya Indonesia, berarti kode yang digunakan +62.
  3. Lanjutkan dengan menekan Enter.
  4. Akan muncul halaman yang menyediakan opsi sign in, ada Google dan Microsoft. Pilih sesuai dengan keinginan, sebagai contoh pada tata cara kali ini akan menggunakan Google.
  5. Masukkan akun Google, lalu klik Izinkan untuk tahap selanjutnya.
  6. Lanjutkan tata cara mengetahui nomor kita disimpan dengan nama apa tanpa aplikasi satu ini dengan membuka fitur pencarian nomor. Pada laman ini akan tampil nama kontak yang tersimpan di ponsel teman.

Bahkan Anda juga bisa mengecek nama dari nomor ponsel teman. Caranya yaitu dengan mengubah nomor yang ingin diketahui namanya pada kolom pencarian. Sebagai tambahan informasi, metode satu ini memiliki limit akses untuk mengeceknya.

Cara Mengetahui Nomor Disimpan dengan Nama Apa Menggunakan WhatsApp Web

Selain melalui situs Truecaller, Anda bisa memanfaatkan layanan WhatsApp web. Seperti kita tahu bahwa WhatsApp web merupakan fitur yang biasanya dipakai pengguna untuk mengakses WA melalui komputer atau laptop.

Tidak perlu menggunakan aplikasi, Anda hanya perlu mengakses situs web.whatsapp.com pada kolom pencarian URL. Bisa juga dengan menuliskan WhatsApp web pada kolom pencarian. Mungkin banyak yang belum tahu bahwa fungsi WA web bukan hanya untuk berkomunikasi.

Tapi juga bisa dimanfaatkan untuk mengetahui nomor disimpan dengan nama apa. Tata cara mengetahui nomor kita disimpan dengan nama apa tanpa aplikasi menggunakan WhatsApp web, sebagai berikut:

  1. Langkah pertama, buka situs web.whatsapp.com memakai laptop atau PC, lalu klik Enter.
  2. Akan muncul halaman dengan gambar barcode yang bisa langsung di scan. Tata cara scan sudah dijelaskan urutannya pada laman ini. Jadi, Anda tidak perlu bingung bila masih awam atau pertama kali melakukan metode seperti ini.
  3. Lakukan scan barcode memakai WA milik orang lain yang di dalamnya ada nomor kontak Anda.
  4. Tunggu sampai proses loading pembukaan halaman WhatsApp selesai.
  5. Setelah halaman WA terbuka, waktunya beralih ke WhatsApp Anda sendiri. Untuk mengakses WA milik sendiri tidak perlu memakai situs, langsung melalui ponsel saja.
  6. Kirimkan pesan apapun ke kontak WA teman yang sudah Anda lakukan scan barcode sebelumnya. Tapi, pastikan isi pesannya tidak mengandung kecurigaan.
  7. Setelah mengirimkan pesan, biasanya nama kontak Anda akan muncul pada daftar barisan paling atas.
  8. Sesudah selesai mengetahui dengan nama apa mereka menyimpan nomor Anda, logout device.

Metode satu ini memang sangat mudah tapi memerlukan kehati-hatian supaya pemilik WA tidak curiga. Salah satu kendala saat menerapkan cara satu ini yaitu mendapatkan barcode orang lain atau teman yang ingin dipakai.

Salah Satu Aplikasi yang dapat Membantu Mengetahui dengan Nama Apa Nomor Kita Disimpan

Selain cara mengetahui nomor kita disimpan dengan nama apa tanpa aplikasi, Anda juga bisa memakai aplikasi khusus, salah satunya adalah Get Contact. Aplikasi ini bisa diunduh dengan mudah lewat App Store maupun Play Store secara gratis.

Tapi, Anda harus memastikan bahwa kapasitas memori ponsel mumpuni untuk dipasang aplikasi satu ini. Melalui Get Contact, pengguna bisa melihat berbagai varian nama kontak nomor yang ada di ponsel orang lain.

Aplikasi ini tidak dapat dioperasikan secara offline, sehingga perlu koneksi internet. Untuk mengoperasikannya sangat mudah, Anda hanya perlu login menggunakan alamat email, lalu memasukkan nomor ponsel pada kolom tersedia.

Setelah itu akan muncul verifikasi nomor ponsel dan Anda bisa memasukkan PIN sesuai dengan yang sudah dikirimkan. Setelah itu halaman utama akan terbuka. Untuk melihat nama apa saja yang tersimpan di ponsel orang lain, lihat pada menu bertuliskan My Tags.

Uniknya, melalui aplikasi ini, Anda bisa melihat nama tersimpan milik kontak teman. Hal ini menandakan bahwa teman yang menyimpan kontak Anda juga bisa mengaksesnya. Jadi, bisa dikatakan menjadi kurang privasi.

Penting dipahami bahwa walaupun bisa di unduh melalui Play Store, aplikasi ini hanya support untuk versi 4.0.3 ke atas. Jadi, untuk smartphone yang memiliki versi di bawahnya belum bisa mendukung pemasangan Get Contact.

Dari berbagai cara tersebut, bisa Anda pilih yang sesuai dengan kenyamanan karena masing-masing memiliki keunggulannya. Untuk metode atau cara mengetahui nomor kita disimpan dengan nama apa tanpa aplikasi memang lebih minim fitur.