Cara Membuat Logo untuk Perusahaan agar Dikenal Masyarakat

Cara Membuat Logo untuk Perusahaan agar Dikenal Masyarakat

Cara membuat logo menjadi langkah awal dalam mendirikan perusahaan, mengapa? Karena gambar yang singkat tersebut merupakan jati diri dan menjadi salah satu cara calon pelanggan mengenal usaha Anda.

Oleh karena itu, ada beberapa tahapan penting yang perlu diketahui sebelum membuatnya. Poin utamanya adalah memiliki ciri khas mulai dari bentuk, warna, tetapi usahakan memiliki makna yang jelas.

Contohnya seperti ini, ketika Anda ingin mendirikan perusahaan tentang dunia pendakian maka gambar yang dibutuhkan adalah gunung, mengapa? Karena dunia mendaki berhubungan dengan puncak tertinggi tersebut.

Cara Membuat Logo Harus Mempunyai Tujuan yang Jelas

Harus diakui membuatnya tidak mudah, oleh karena itu kami akan memberi tahu kepada Anda bagaimana cara yang bisa digunakan untuk membuat logo agar bisa berkesan. Poin paling penting dapat diingat oleh semua para pelanggan.

Langkah pertama pembuatan logo ini adalah mempunyai tujuan terlebih dahulu. Pada intinya, saat dilihat oleh pelanggan Anda seperti apa. Misalnya, memakai lambang tanda plus, pertanda perusahaan itu memberikan pertolongan medis.

Tanpa harus memberikan pernyataan berlebih, mereka pasti sudah tahu. Walaupun terkesan sudah menjamur, namun pesan didalamnya akan tersampaikan. Cara membuat logo seperti ini sangat sulit, karena harus berpikir panjang.

Makna dan filosofi memang tidak sepenuhnya membuat perusahaan tersebut menjadi banyak pelanggan. Setidaknya bisa terus diingat, kalau sewaktu membutuhkan pasti akan datang tanpa dipaksa atau disuruh.

Terkadang, makna tersembunyi ini akan berbicara langsung ke dalam hati. Maka dari itu mereka sulit untuk mengungkapkan tetapi, sangat mudah merasakan bagaimana kualitas pelayanannya seperti apa.

Oleh karena itu, mulai sekarang cobalah melihat dari berbagai sudut. Karena hal kecil bisa juga dijadikan sebuah ide besar. Contohnya dedaunan, atau satu tangkai mawar, serta masih banyak lagi.

Sesuaikan dengan Target yang Ingin Dituju

Cara membuat logo berikutnya adalah sesuaikan dengan target konsumennya seperti apa. Contohnya, ketika membangun usaha tentang anak-anak, maka poin yang perlu diperhatikan adalah penggunaan warnanya seperti apa.

Biasanya anak-anak itu suka yang terang dan coraknya tidak hanya satu saja, ada merah, kuning sampai hijau. Langkah tersebut dinilai cukup tepat, membuat mereka mau membeli atau minimal melihatnya dulu.

Menyesuaikan target konsumen tersebut sangat penting bagi perkembangan perusahaan. Logo merupakan identitas, ketika seseorang memperkenalkan diri sebagai manusia jahat, maka selamanya akan seperti itu, walau sudah jadi baik.

Maka dari itu, sebelum menggambarnya tentukan terlebih dulu siapa pelanggan Anda. Setelah semuanya sudah disepakati, baru lakukan pembuatan dengan berbagai tools yang sudah dipersiapkan, tinggal pilih saja di internet pasti banyak.

Penyesuaian ini juga sangat penting untuk kemajuan usaha. Coba saja. Membuat bisnis ritel tetapi memakai lambang kopi panas, tetapi yang dijual adalah seluruh minuman teh, kopinya hanya satu saja.

Unik sebenarnya, tetapi sangat aneh dan tidak menyambung sama sekali. Efeknya ada pada tengah perjalanan, bisa jadi pelanggannya tidak akan bertambah karena sudah salah menilai bentuk lambang tersebut.

Harus Mudah Diingat oleh Semua Orang

Cara membuat logo berikutnya adalah mudah diingat, hal ini bertujuan agar konsumen selalu datang dan membeli. Misalnya seperti ini, saat cuaca sangat panas, ternyata Anda haus ingin minum.

Sudah pasti mencari kesegaran bukan? Jarang sekali minum panas, kebanyakan dingin. Misalnya Anda mempunyai perusahaan dengan lambang minuman memakai sedotan, kemungkinan besar mereka akan mengingat usaha tersebut.

Karena cita rasanya enak, tanpa berpikir panjang langsung membeli. Karena selain mengingat bentuknya yang unik, pertimbangan lainnya adalah sistem pelayanannya sangat bagus dan ramah, jadi tanpa berpikir panjang.

Coba saja, kalau Anda memakai bentuk yang sangat rumit, sudah pasti pelanggan tersebut tidak akan pernah mengingatnya. Hal itu, menjadi tanda alarm berbahaya, maka dari itu, coba pikirkan bentuk sederhana.

Tetapi, mampu menarik banyak orang untuk datang tanpa harus berpikir cukup lama. Hal tersebut menjadi salah satu strategi marketing yang biasanya sering dilakukan oleh beberapa brand besar.

Jangan hanya fokus pada mudah diingat saja, cara membuat logo juga harus bagus, unik, fleksible, serta mengungkap semua tentang perusahaan tersebut. Dengan begini mau masuk ke mana saja bisa.

Jika terlalu rumit, kalau mau masuk ke Instagram terkena aturan layar pasti akan susah nantinya. Satu teori menarik tentang keunikan logo adalah semakin rumit, maka pelanggan akan mudah untuk lupa.

Tetapi, kalau dalam pembuatannya begitu sederhana maka, mereka dapat ingat walau hanya melihat 1 detik saja. Dari teori ini dapat disimpulkan, unik serta bagus belum tentu membawa pelanggan agar datang.

Tetapi, sederhana dan belum dimiliki oleh orang lain merupakan langkah besar agar Anda bisa mendapatkan pelanggan baru dan lama. Jadi jangan terpaku pada bentuk saja, tetapi pikirkan juga kompetitor lain.

Diamkan Dahulu dan Lakukan Evaluasi

Setelah semua selesai dibuat, cara membuat logo berikutnya adalah diamkan dulu sejenak sekitar 3 sampai 1 minggu. Setelah itu cobalah untuk membukanya kembali dan lihat apa yang terjadi.

Apakah sebagai pembuat akan menerima dan tetap menyatakan bahwa hasil itu bagus, atau ada beberapa revisi, mengapa bisa seperti itu? Sesaat setelah selesai, otak akan berpikir bahwa karya itu mengesankan.

Karena sejak awal, hati sudah mengatakannya. Tetapi, setelah lama tidak melihat maka hati serta otak menganggap itu adalah simbol baru. Bila memang bagus maka, perasaannya akan bertambah jika, kurang pasti ada sedikit mengganjal

Harus diakui lambang untuk perusahaan memang sulit. Tidak boleh sembarangan dalam membuatnya, harus teliti dan hati-hati. Maka dari itu, cobalah kuti cara membuat logo di atas agar saat menggambarnya mudah.