Begini Bacaan Niat dan Doa Buka Puasa Rajab

Apakah Anda termasuk orang yang rajin berpuasa sunnah di bulan Rajab? Jika ya, maka Anda pasti ingin tahu bagaimana niat dan doa buka puasa Rajab yang benar dan sesuai dengan sunnah Rasulullah SAW. Puasa Rajab adalah salah satu puasa sunnah yang memiliki banyak keutamaan dan manfaat, baik untuk kesehatan jasmani maupun rohani. Puasa Rajab juga bisa menjadi persiapan kita untuk menyambut bulan Ramadhan yang penuh berkah.

Namun, untuk mendapatkan keutamaan dan manfaat dari puasa Rajab, kita harus melaksanakannya dengan niat yang ikhlas dan sesuai dengan tuntunan syariat. Salah satu hal yang perlu kita perhatikan adalah niat dan doa buka puasa Rajab. Niat dan doa buka puasa Rajab adalah ucapan yang kita lakukan saat kita hendak berbuka puasa, sebagai bentuk rasa syukur dan pengharapan kepada Allah SWT. Niat dan doa buka puasa Rajab juga bisa menjadi sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memohon ampunan dan rahmat-Nya.

Namun, bagaimana cara niat dan doa buka puasa Rajab yang benar? Dan apa saja keutamaan dan manfaat dari niat dan doa buka puasa Rajab? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, kami telah merangkum informasi lengkap tentang niat dan doa buka puasa Rajab yang bisa Anda simak di artikel ini. Informasi lengkap tentang niat dan doa buka puasa Rajab ini berdasarkan hasil pencarian web kami¹²³⁴, dan bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kondisi terbaru. Informasi lengkap tentang niat dan doa buka puasa Rajab ini adalah sebagai berikut:

1. Niat Puasa Rajab

Niat puasa Rajab adalah ucapan yang kita lakukan saat kita hendak memulai puasa, sebagai bentuk niat kita untuk beribadah kepada Allah SWT dengan cara berpuasa. Niat puasa Rajab sebaiknya dilakukan saat sahur, yaitu sebelum waktu subuh masuk. Niat puasa Rajab juga sebaiknya dilakukan di dalam hati, tanpa perlu diucapkan dengan lisan. Hal ini sesuai dengan hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim, sebagai berikut:

“Sesungguhnya setiap amal itu tergantung niatnya, dan sesungguhnya setiap orang akan mendapatkan sesuai dengan apa yang dia niatkan.”

Adapun bacaan niat puasa Rajab yang bisa kita lakukan adalah sebagai berikut:

نَوَيْتُ صَوْمَ رَجَبَ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى
Nawaitu shauma rajaba sunnatan lillahi ta’ala.

 

Artinya:

“Aku niat berpuasa Rajab sunnah karena Allah Ta’ala.”

2. Doa Buka Puasa Rajab

Doa buka puasa Rajab adalah ucapan yang kita lakukan saat kita hendak berbuka puasa, sebagai bentuk rasa syukur dan pengharapan kepada Allah SWT atas nikmat berpuasa yang telah kita lakukan. Doa buka puasa Rajab sebaiknya dilakukan saat waktu maghrib masuk, yaitu saat matahari terbenam. Doa buka puasa Rajab juga sebaiknya diucapkan dengan lisan, agar kita bisa merasakan makna dan keajaiban dari doa tersebut. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi, sebagai berikut:

“Sesungguhnya bagi orang yang berpuasa, pada saat berbuka ada doa yang tidak ditolak.”

Adapun bacaan doa buka puasa Rajab yang bisa kita lakukan adalah sebagai berikut:

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ
Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa’ala rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiin.

 

Artinya:

“Ya Allah, untuk-Mu aku berpuasa, dengan-Mu aku beriman, dan atas rezeki-Mu aku berbuka, dengan rahmat-Mu, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih.”

Atau bisa juga membaca doa buka puasa sebagaimana hadis riwayat Imam Abu Dawud, sebagai berikut:

ذَهَبَ الظّـَمَأُ وَابْتَلّـَتِ الْعُرُوقُ، وَثَبَتَ الْأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللَّهُ
Dzahabazh zhoma’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insya Allah.

 

Artinya:

“Telah hilanglah dahaga, telah basahlah kerongkongan, semoga ada pahala yang ditetapkan, jika Allah menghendaki.”

3. Keutamaan dan Manfaat Niat dan Doa Buka Puasa Rajab

Niat dan doa buka puasa Rajab memiliki banyak keutamaan dan manfaat, baik untuk kesehatan jasmani maupun rohani. Berikut adalah beberapa keutamaan dan manfaat dari niat dan doa buka puasa Rajab yang perlu kita ketahui:

  • Niat puasa Rajab bisa membuat kita lebih ikhlas dan khusyuk dalam beribadah, karena kita menyadari bahwa puasa Rajab adalah sunnah yang tidak diwajibkan, melainkan dilakukan karena kecintaan kita kepada Allah SWT dan Rasul-Nya.
  • Niat puasa Rajab bisa membuat kita lebih bersemangat dan berdisiplin dalam menjalankan puasa, karena kita mengetahui bahwa puasa Rajab adalah salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memohon ampunan dan rahmat-Nya.
  • Niat puasa Rajab bisa membuat kita lebih bersyukur dan berterima kasih kepada Allah SWT, karena kita menyadari bahwa puasa Rajab adalah nikmat yang Allah SWT berikan kepada kita, yang tidak semua orang bisa melakukannya.
  • Doa buka puasa Rajab bisa membuat kita lebih merasakan keajaiban dan kekuatan dari doa, karena kita mengetahui bahwa doa buka puasa Rajab adalah doa yang mustajab, yang tidak akan ditolak oleh Allah SWT.
  • Doa buka puasa Rajab bisa membuat kita lebih berharap dan bertawakal kepada Allah SWT, karena kita mengetahui bahwa doa buka puasa Rajab adalah doa yang mengandung rasa syukur dan pengharapan kepada Allah SWT atas segala nikmat dan rezeki yang telah Dia berikan kepada kita.
  • Doa buka puasa Rajab bisa membuat kita lebih sehat dan bugar, karena kita mengetahui bahwa doa buka puasa Rajab adalah doa yang mengandung rahmat dan penyembuhan dari Allah SWT, yang bisa menyegarkan tubuh dan jiwa kita setelah berpuasa seharian.

Niat dan doa buka puasa Rajab adalah ucapan yang kita lakukan saat kita hendak memulai dan mengakhiri puasa, sebagai bentuk niat kita untuk beribadah kepada Allah SWT dengan cara berpuasa. Niat dan doa buka puasa Rajab sebaiknya dilakukan dengan hati yang bersih dan damai agar dapat menjalankan ibadahnya dengan tenang.