Software ERP Adalah Terobosan untuk Solusi Bisnis Anda

Software ERP Adalah Terobosan untuk Solusi Bisnis Anda

EntERPrise Resource Planning Software atau lebih dikenal sebagai software ERP adalah seperangkat program, yang berfungsi melakukan pengelolaan terhadap aktivitas operasional bisnis. Saat ini ERP menjadi sistem yang cukup populer di kalangan bisnis UKM Indonesia.

ERP menjadi program untuk mengintegrasikan berbagai informasi perusahaan, sehingga proses monitoring dapat berjalan mudah. Bisnis Anda akan bisa cepat naik level, program ERP ini perlu menjadi pertimbangan.

Perusahaan dengan program ERP, akan diberikan kemudahan dalam hal pengelolaan bisnis secara akurat dan real time. Program ini membantu pengumpulan data transaksi perusahaan, dari berbagai sumber. Sehingga database perusahaan dapat tersimpan secara cara aman disini.

Penerapan ERP menjadikan pekerjaan lebih mudah dan efisien. Sehingga pelayanan kepada konsumen dapat lebih dimaksimalkan. Hal ini memberikan nilai tambah terhadap bisnis Anda. Berikut informasi mengenai program EntERPrise Resource Planning yang perlu Anda ketahui.

Software ERP adalah Perangkat Lunak Wajib Perusahaan, Ini Manfaat dan Keunggulannya

tanpa sistem ERP harus menggunakan sistem database tERPisah. Pada setiap unit bidang kerja harus memiliki database tersendiri. Padahal sistem tERPisah dengan database berbeda, cenderung sulit dalam pengelolaannya.

Pengembangan EntERPrise Resource Planning menggantikan sistem tERPisah tersebut, menjadi sistem terintegrasi dengan pengelolaan yang efektif dan efisien. Sistem ERP memiliki banyak keuntungan yang dapat dinikmati oleh organisasi perusahaan jika menerapkannya.

  1. Menjadi program yang mengintegrasi bisnis, sehingga proses akurasi dan pembaruan data terjadi secara real time (tepat waktu) pada saat transaksi.
  2. Memiliki alat perencanaan dan simulasi untuk membantu aktivitas manajemen sistem informasi, sehingga proses pengambilan keputusan dapat berjalan baik.
  3. Meningkatkan efisiensi pada beragam aktivitas rutin harian perusahaan, maka secara otomatis produktivitas dapat dimaksimalkan dengan waktu yang singkat.
  4. Mampu melakukan pembentukan standarisasi prosedur, sehingga pekerjaan menjadi terstruktur dan tidak tergantung pada individu/pekerja tertentu.
  5. Menjadi media yang menjembatani antara manajemen hubungan dengan konsumen, akses jauh lebih cepat dan tERPantau secara otomatis dengan sistem yang ada.

Fitur Wajib dalam EntERPrise Resource Planning (ERP) System

Dalam sebuah program entERPrise resource planning harus memiliki beberapa perangkat lunak di dalamnya. Baik untuk perusahaan dalam skala mikro maupun makro. Fitur wajib ini berfungsi penuh sebagai pengelolaan bisnis perusahaan nantinya.

  1. Media penyambung data memerlukan Fitur Integrasi, sehingga memungkinkan tiap divisi atau bidang dalam kantor lancar mengkomunikasikan data masing-masing.
  2. Sistem ERP harus mampu mengotomatiskan pekerjaan perusahaan seperti mengatur pesanan dan keuangan melalui Fitur Otomatisasi. Fitur ini akan membantu mengurangi kesalahan teknis pekerjaan, sehingga waktu bekerja cenderung lebih produktif.
  3. Fitur Pelaporan dari sistem EntERPrise Resource Planning mampu memberikan laporan secara rinci dilengkapi bagan sesuai bidang pekerjaan atau divisi kantor, hal ini akan sangat memudahkan dalam kegiatan evaluasi.
  4. Untuk melakukan pemrosesan terhadap data masing-masing divisi yang ada, memerlukan adanya Fitur Analisis Data. Hasil laporan akan merefleksikan bagaimana efektivitas pekerjaan semua bidang dalam bisnis Anda.
  5. Akuntansi merupakan bagian keuangan yang penting dalam suatu bisnis, sistem EntERPrise Resource Planning wajib memiliki Fitur Akuntansi untuk memantau lajur lalu lintas keuangan perusahaan.
  6. Untuk dapat memberikan visibilitas data yang akurat, perusahaan dengan sistem ERP harus memiliki Fitur Pelacakan dan Visibilitas. Fitur ini memberi informasi produk datang dan keluar secara tERPerinci, visibilitas membuat pengguna lebih cepat memahami persoalan yang terjadi.

Industri di Indonesia yang Menerapkan Sistem EntERPrise Resource Planning

Sistem EntERPrise Resource Planning dapat digunakan untuk bisnis kecil maupun perusahaan besar. Perangkat lunak ini berfungsi khusus untuk merampingkan alur kerja suatu bisnis.

Dan merupakan solusi sumber daya perusahaan, dan dapat diterapkan pada berbagai industri. Berikut beberapa industri bisnis kecil maupun besar, yang telah menggunakan sistem ERP :

  • Maufaktur
  • Farmasi
  • Teknologi
  • Ritel
  • Perhotelan
  • Konstruksi
  • Pertahanan
  • Distribusi

Perangkat lunak dalam sistem ERP dapat dikonfigurasi sesuai kebutuhan spesifik industri bisnis Anda. Software ERP adalah solusi perencanaan sumber daya untuk perusahaan Anda, sehingga dapat memperoleh keuntungan lebih optimal.