harga samsung s21

Spesifiksi dan harga Samsung Galaxy S21 : Apakah lebih murah dari S20?

Pada musim semi ini, Samsung memperkenalkan generasi baru dari seri Galaxy S-nya setiap tahun. Pada tahun 2021, kami mengharapkan setidaknya tiga smartphone baru dengan Galaxy S21, S21+ dan Galaxy S21 Ultra.

Informasi pertama tampilan gambar tentang perangkat sudah tersedia. TEKNOKARTA merangkum semua informasi tentang Samsung Galaxy S21.

Samsung Galaxy S21, Galaxy S21+ dan Galaxy S21 Ultra top-of-the-line akan diluncurkan pada awal Januari 2021 nanti, sebulan lebih awal dari pendahulunya S20. Beberapa informasi tentang desain dan peralatannya telah banyak beredar saat ini.

Informasi Terbaru

Persaingan dari China semakin menarik produsen smartphone tradisional. Perusahaan seperti OnePlus, Xiaomi, dan Oppo menawarkan smartphone kelas atas, tetapi biasanya lebih murah daripada perangkat Samsung.

Untuk alasan ini, pabrikan asal Korea Selatan itu bisa mengubah sekrup harga pada Galaxy S21-nya. Kami mendapat laporan bahwa model baru akan lebih murah daripada pendahulunya.

Dengan demikian, Samsung tampaknya ingin tetap kompetitif dan menjadi lebih menarik bagi pelanggan, yang memiliki alternatif yang lebih murah di segmen high-end.

Bahkan ada informasi harga dari forum “Naver” Korea Selatan. Di sini, banyak anggota yang membahas bocoran terbaru dan informasi tentang sebuah perusahaan dan perangkatnya.

Sejauh mana kepastian harganya, belum ditetapkan secara jelas. Mereka mengacu terhadap Dolar AS, sehingga harga di Eropa mungkin sedikit bervariasi. Mereka juga tampaknya merujuk pada versi 5G dari smartphone.

Ini adalah perkiraan informasi harganya:

  • Samsung Galaxy S21: 850 – 899 USD
  • Galaxy S21+: 1050 – 1099 USD
  • Galaxy S21 Ultra: 1250 – 1299 USD

Dengan informasi tersebut, rata-rata harganya kini lebih murah dari seri sebelumnya. Dengan menurunkan harga, Samsung bisa menjadi sedikit lebih menarik bagi pembeli potensial di masa-masa ekonomi saat ini yang agak buruk. Namun, smartphone baru mungkin tidak akan murah.

Fitur seri Galaxy S21 Samsung

Desain baru samsung Galaxy S21

Bahkan jika penamaan series ini masih memberikan teka-teki, gambar dari smartphone Galaxy baru mengungkapkan setidaknya banyak tentang desain. Foto-foto disediakan oleh Steve Hemmerstoffer, juga dikenal sebagai Onleaks, melalui saluran akun Twitter-nya. Tampilan baru dari kamera sangat mencolok.

Dalam desain dasarnya, Samsung Galaxy S21 atau Galaxy S30 mirip dengan smartphone Samsung S20 dan Note 20 tahun ini. Menurut gambar, ia memiliki kotak kaca dan logam, sisi bulat, tampilan tampilan penuh dan port USB-C yang menggantikan jack pada saat yang sama. Di bagian tengah atas layar juga terdapat catatan punchhole kecil, yang menampung kamera depan.

Tampilan baru, dari datar ke sedikit melengkung

Keputusan yang bisa membuktikan kontroversial, jika benar, adalah pilihan tampilan untuk Galaxy S21. “Android Police” melaporkan bahwa panel S21 dan S21+ mendapatkan resolusi FHD+ (1080p).

Ini akan menjadi langkah mundur yang signifikan dibandingkan dengan pendahulunya, yang keduanya memiliki tampilan QHD + (1440p).

Jika diagonal gambar konstan, ini akan menghasilkan kerapatan piksel yang jauh lebih rendah. Kedua panel diharapkan dapat mendukung 120 refresh rates Hertz lagi.

Galaxy S21 Ultra, di sisi lain, diharapkan mendapatkan peningkatan besar. Meskipun layar menyusut dari 6,9 inci menjadi diagonal 6,8 inci, resolusi QHD+ tetap sama. Tampilan baru ini sangat istimewa dalam dua fitur.

Pertama, seharusnya tampilan LTPO yang memiliki refresh rate adaptif antara 1 dan 120 Hertz (Hz). Ini akan memungkinkan smartphone untuk beralih ke frekuensi yang lebih rendah, seperti gambar diam, dan dengan demikian menghemat baterai.

Kedua, dilaporkan bahwa layar dapat mencapai kecerahan maksimum sebanyak 1600 nits (candela per meter persegi). Itu 200 nits lain lebih dari Galaxy S20 Ultra yang sudah sangat cerah.

Fitur lain yang, menurut Android Police, akan datang fitur khusus untuk Samsung Galaxy S21 Ultra, yaitu dukungan untuk S Pen. Stylus digital telah menjadi fitur utama dari seri Galaxy Note. Namun, kemungkinan stylus akan dijual secara terpisah.

Peralatan teknis dan sistem

Dengan Samsung Galaxy S21, perusahaan kembali melanjutkan strategi kontroversialnya untuk memasang dua chipset yang berbeda di smartphone flagship. Tergantung pada zona di mana Galaxy S21 dibeli, kita bisa mendapatkan Qualcomm Snapdragon 888 yang baru saja diperkenalkan atau Exynos 2100 dari Samsung itu sendiri.

Chipset Snapdragon selalu menawarkan lebih banyak kinerja dan masa pakai baterai yang lebih baik dalam pengujian daripada Exynos.

Namun, dalam tolok ukur yang belum dikonfirmasi, Exynos 2100 menunjukkan untuk pertama kalinya kinerja yang lebih tinggi daripada rekan Snapdragon, seperti dilansir “Notebookcheck”.

Pembocor terkenal “Ice universe” juga menulis di Twitter: “Hampir pasti bahwa Exynos 2100 memiliki kekuatan lebih dari Snapdragon 875 [chip sekarang secara resmi disebut “Snapdragon 888″, ed.].”

Namun demikian, Exynos 2100 dikatakan lebih hemat energi daripada pendahulunya. Baik Snapdragon 888 maupun Exynos 2100 akan kompatibel dengan 5G. Mereka juga akan mendukung Wifi 6E, yang hingga dua kali lebih cepat daripada Wifi 6, menurut Android Police.

Android 11 langsung berfungsi?

Dengan tanggal peluncuran yang diduga musim semi mendatang, sepertinya Samsung Galaxy S21, S21+ dan S21 Ultra sudah akan dikirim dengan Android 11. Google secara resmi meluncurkan versi sistem operasi terbarunya pada September 2020.

Samsung, bagaimanapun, menempatkan antarmukanya sendiri yang disebut One UI di atas sistem, yang mencakup beberapa penyesuaian. Biasanya, aplikasi milik Samsung seperti aplikasi Health, Galaxy Wear untuk smartwatch dan lainnya, serta toko aplikasi Samsung sendiri dapat ditemukan di sini.

Untuk melindungi sistem, produsen menawarkan berbagai metode membuka kunci. Kami juga mengharapkan ini untuk Galaxy S21. Smartphone baru mungkin akan membawa kembali sensor sidik jari di bawah layar serta kemungkinan penguncian wajah.

Quad kamera pada Galaxy S21 Ultra

Sudah diketahui dari model Galaxy S 2020 adalah dudukan kamera persegi, yang kembali diposisikan di kiri atas belakang. Tampaknya ini akan berlaku juga untuk Samsung Galaxy S21.

Detail ini juga terlihat pada tampilan depan Galaxy S21 Ultra. Samsung tampaknya telah memindahkan modul kamera lebih dekat ke tepi kiri dan atas, sehingga menutup langsung dengan casing.

Menurut bocoran tersebut, S21 dan S21+ memiliki setup yang sama dengan pendahulunya. Dalam istilah konkret, ini berarti: sensor utama 12 megapiksel, sensor ultra-wide 12 MP dan sensor telefoto 64-MP. Sejauh ini, tidak ada yang diketahui tentang ukuran sensor, bukaan, dan ukuran piksel.

Galaxy S21 Ultra, di sisi lain, bisa mendapatkan susunan kamera yang benar-benar baru. Smartphone ini dikatakan memiliki generasi kedua sensor utama 108MP, yang terdapat di Galaxy S20 Ultra dan Galaxy Note20 Ultra.

Series ini juga memiliki dua kamera telefoto, satu dengan pembesaran tiga kali lipat dan satu dengan pembesaran sepuluh kali lipat. Kamera ultra-wide-angle tetap pada 12 MP. Untuk meningkatkan fokus otomatis, Samsung dapat mengandalkan fokus otomatis laser di S21 Ultra.

Lagi pula, ketiga model mendapatkan peningkatan dari sisi perangkat lunak. Menurut mereka, video dalam resolusi 4K dengan 60 frame per detik (FPS) sekarang harus dimungkinkan dengan semua kamera. Sebelumnya, hal ini hanya dilakukan dengan kamera utama. Resolusi 8K juga harus ditingkatkan, dari maksimum 24 FPS menjadi 30 FPS.

New adalah mode perekaman ganda yang memungkinkan kamera depan dan belakang untuk merekam secara bersamaan. Video dapat disimpan secara terpisah atau ditampilkan sebagai gambar dalam gambar.

Baterai

Kapasitas baterai sebagian besar tidak berubah dibandingkan dengan model sebelumnya. S21 dan S21 Ultra masing-masing tetap pada 4000 miliampere hours (mAh) dan 5000 mAh. Samsung Galaxy S21+ mendapatkan bonus 300 mAh, sehingga baterai tumbuh hingga total 4.800 mAh.

Kecepatan charging belum diketahui, tetapi kemungkinan setidaknya pada tingkat yang sama dengan pendahulunya. Dimana S20 dan S20+ dengan 25 watt, S20 Ultra yang lebih besar dengan 45 watt.

Harga dan ketersediaan Samsung Galaxy S21

“SamMobile” dan YouTuber Jon Posser memberikan informasi pasti perihal tanggal peluncuran smartphone Samsung mendatang. Menurut mereka, Samsung merencanakan acara Unpacked pada awal tahun ditanggal 14 Januari 2021.

Tanggal tersebut sebulan lebih awal dari peluncuran model S20. Penjualan Galaxy S21, S21+ dan S21 Ultra juga dijadwalkan dimulai pada bulan Januari. Jika laporannya benar, Samsung menetapkan peluncuran pasar pada 29 Januari 2021.

Samsung Galaxy S21 tersedia dalam warna abu-abu, ungu, merah muda dan putih. Model Plus, di sisi lain, hanya boleh tersedia dalam warna silver dan hitam. Pembeli yang memilih Galaxy S21 Ultra tampaknya memiliki pilihan antara versi hitam, perak dan ungu.

Apa nama flagship Samsung baru?

Sementara beberapa sumber di internet berbicara tentang Samsung Galaxy S21, flagship yang akan datang disebut dengan nama lain sebagai Galaxy S30. Jika Samsung melanjutkan penomoran modelnya dalam satu langkah, ini akan memiliki keuntungan bahwa smartphone akan dinamai dengan tepat untuk tahun di mana mereka diluncurkan ke pasar.

Galaxy S21 pada 2021, Galaxy S22 pada 2022 dan sebagainya. Lompatan puluhan juga bisa terjadi, karena Samsung sudah berani melakukannya, dari Galaxy S10 ke Galaxy S20 dan juga mengimplementasikannya di seri lain seperti seri A.