Kapan Pastinya Olimpiade Tokyo 2020 Akan Dilaksanakan

Kapan Pastinya Olimpiade Tokyo 2020 Akan Dilaksanakan?

Ajang acara pesta olahraga multicabang terbesar di dunia, yaitu Olimpiade Tokyo 2020 bakal segera dilaksanakan. Acara pesta besar olahraga multicabang paling besar di bumi ini sudah pasti amat dinanti-nantikan oleh banyak olahragawan dari semua negara di dunia.

Disamping itu, warga di penjuru dunia juga semangat menyaksikan tim negara asal mereka tampil di Olimpiade. Sebagai gelaran olahraga paling berkelas di dunia, tiap negara berebutan menjadi tuan-rumah penyelenggaraan Olimpiade.

Olimpiade sebelumnya digelar di Rio de Janeiro, Brasil, di tahun 2016. Ini artinya, Olimpiade berikutnya seharusnya digelar di tahun 2020.

Baca Juga: Jadwal Lengkap Pertandingan Sepak Bola Olimpiade Tokyo 2021

Lalu, kapan Olimpiade Tokyo dilaksanakan? Olimpiade Tokyo 2020 sebagai Olimpiade Musim Panas edisi ke-32 akan digelar mulai tanggal 23 Juli hingga 8 Agustus 2021 atau terhitung kurang lebih 2 hari tersisa dari sekarang ini. Semestinya penyelenggaraan Olimpiade Tokyo 2020 dilaksanakan tahun kemarin.

Namun, lantaran bumi mengalami bencana karena wabah Covid-19, karenanya ajang acara pesta besar olahraga paling besar di dunia itu ditunda ke 2021. Walau digelar di tahun 2021, nama yang dipakai masih tetap Olimpiade Tokyo 2020. Pemakaian “Tokyo 2020” dilaksanakan untuk maksud marketing dan branding.

Faksi pelaksana juga fokus untuk menyelesaikan penyiapannya, khususnya berkaitan upacara pembukaan. Upacara pembukaan sendiri akan digelar di Stadion Olimpiade Tokyo pada Jumat 23 Juli 2021 jam 20.00 waktu setempat atau 18.00 WIB. Acara pesta pembukaan ini akan mengangkat ide ‘United by Emotion’.

Dalam acara pesta pembukaannya sedikit ada perubahan yang nampak dari ajang Olimpiade ini dibanding dengan yang terdahulu. Perubahan itu ialah tanpa dihadiri oleh para pengunjung.

Upacara pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 akan digelar tanpa penonton yang datang di Stadion Olimpiade Tokyo. Walau demikian, faksi pelaksana pastikan upacara itu tetap akan berjalan dengan semarak.

“Walau tidak ada penonton di (Stadion) Olimpiade Tokyo, Anda tetap dapat berharap pada kemunculan kembang api, pembawa bendera, serta keriuhan lainnya,” bunyi pengakuan resmi faksi pelaksana Olimpiade, seperti dikutip dari situs Olimpiade, Jumat (16/7/2021).

Saat itu, parade olahragawan akan dimulai dari negara asal Olimpiade, yaitu Yunani. Selanjutnya, Jepang masuk paling paling akhir karena mereka sebagai tuan-rumah dan bisa menjadi pucuk dari parade olahragawan ini.

Kemudian, sumpah olahragawan, official, serta pelatih di Olimpiade Tokyo 2020 akan diberlangsungkan. Lantas, Olimpiade resmi dibuka sesudah pengambilan sumpah itu. Setelah Olimpiade resmi dibuka, kini pemirsa bisa menyaksikan atraksi artistik yang fantastis.

Tetapi, ada sesuatu hal unik dalam Oimpiade ini kali. Tidak seperti Olimpiade awalnya, kuali yang berisi api Olimpiade akan ditempatkan jauh dari stadion, yaitu di pinggir laut kota Tokyo.

Hal unik lainnya adalah mengenai sumpah dalam upacara pembukaan. Proses ambil sumpah pada kesempatan ini akan didasari pada keutamaan kebersamaan, inklusi, nondiskriminasi, serta kesetaraan.

Disamping itu, faksi yang memiliki hak ambil sumpah ditambahkan jadi 6 orang dari mulanya cuma tiga orang. Ke enam orang itu terdiri dari 2 olahragawan, dua official, serta dua pelatih di Olimpiade Tokyo 2020.

Di lain sisi, ide ‘United by Emotion’ sebagai representasi dari keadaan dunia sekarang ini. Di tengah-tengah wabah Covid-19, Olimpiade ditujukan jadi tempat mengutarakan perasaan terima kasih dan ketakjuban pada sesuatu yang telah dilaksanakan sepanjang satu tahun akhir.

Pastikan kini Anda telah mengetahui mengenai kapan ajang Olimpiade Tokyo 2020 akan digelar ya! Selamat menyambutnya.