Tips dan Trik Menggunakan Aplikasi Apple Notes di Mac dan iOS

Tips dan Trik Menggunakan Aplikasi Apple Notes di Mac dan iOS

Hampir semua smartphone kini pasti memiliki aplikasi berupa Notes didalamanya. Namun, bagi beberapa user baru produk Apple tentunya belum banyak yang tahu mengenai fitur apa saja yang ditawarkan oleh aplikasi Apple Notes ini di Mac dan iOS

Pada mulanya ini dimulai sebagai virtual sticky note. Program utilitas kecil, yang dimaksudkan untuk dapat membantu Anda mengingat nama, nomor telepon, atau janji temu, telah ada sejak awal antarmuka pengguna grafis.

Ciri Khas Apple Notes

Sampai hari ini, Anda masih dapat menemukan aplikasi Apple Notes di macOS, yang menggunakan jendela kuning kecil yang terlihat seperti catatan Post-It yang terkenal. Tapi itu tidak ada hubungannya dengan aplikasi Notes di macOS dan iOS / iPadOS.

Terlebih lagi, aplikasi Notes, meskipun tidak terlihat seperti itu pada pandangan pertama, adalah alat yang sangat serbaguna untuk semua orang yang harus menangkap banyak teks untuk menggunakannya langsung di aplikasi atau di tempat lain. Misalnya, ketika seseorang menulis hampir semua teksnya untuk Rewind di aplikasi Apple Notes.

Perlu diketahui bahwa akan selalu ada aplikasi serupa dari penyedia pihak ketiga, beberapa dengan jangkauan fungsi yang jauh lebih besar. Seperti Evernote. Namun, ini sering dikenakan biaya, atau setidaknya memiliki fungsionalitas terbatas dalam versi gratis, dan memerlukan pendaftaran untuk layanan cloud pihak ketiga.

Aplikasi Mencatat di Ipad

Salah satu fungsi inti Notes adalah konten yang direkam di dalamnya disinkronkan secara otomatis melalui iCloud di semua perangkat Apple. Jadi tanpa cloud “asing”.

Namun, setiap pengguna Apple dapat menggunakan layanan sinkronisasi Apple dengan ID Apple yang ada. Pengguna tidak perlu khawatir tentang menyimpan teks. Ini terjadi secara otomatis di latar belakang sistem.

Ini adalah fitur yang sangat berharga bagi user yang sering mengerjakan sesuatu di Mac di siang hari dengan aplikasi Apple Notes. Jika Anda dapat memikirkan sesuatu yang penting setelah bekerja atau jika inspirasi datang, Anda dapat terus bekerja dengan lancar di iPad.

Sesekali Anda harus menunggu beberapa saat untuk menyinkronkan teks, tetapi itu biasanya dapat dipaksakan. Cukup beri spasi di suatu tempat di teks (tidak lengkap). Sinkronisasi biasanya dimulai segera setelahnya. Namun, dalam sebagian besar kasus, teks telah diperbarui.

Perhatikan Space iCloud

Harap diperhatikan: Data yang disimpan dalam aplikasi Apple Notes mengurangi space data pada iCloud yang tersedia. (Jika penggunaan Catatan untuk iCloud diaktifkan dalam pengaturan di bawah ID Apple).

Jika Anda hanya menggunakan iCloud gratis dengan ruang penyimpanan 5 GB, Anda dapat menyimpan dan menyinkronkan ratusan teks yang lebih panjang di dalamnya. Ruang penyimpanan yang diperlukan untuk teks biasa dapat diabaikan.

Tetapi jika Anda menaruh banyak gambar atau grafik atau lampiran data lainnya di Apple Notes, Anda memerlukan paket data yang lebih besar untuk iCloud. Secara umum, user hampir sepenuhnya menahan diri untuk tidak memasukkan apa pun selain teks biasa di Apple Notes.

Mengapa hal tersebut perlu dilakukan? Tentunya untuk meminimalisir tarif iCloud dan untuk mendapatkan banyak ruang berbagi data melalui iCloud untuk kegiatan lainnya.

Itu dia sebagian tips dan trik menggunakan aplikasi apple notes di Mac dan iOS. Sebuah aplikasi penting yang memiliki banyak fungsi bagi usernya, seperti; untuk corat-coret di Ipad, untuk membuat catatat pelajaran, dan juga untuk mencatat dan menulis di Ipad.