Begini Cara Mudah Instal Windows 11

Begini Cara Mudah Instal Windows 11

Update Windows 11 – Seperti yang kita ketahui, Microsoft telah secara resmi mengumumkan generasi penerus dari Windows 10. Dimana rencananya versi update-an lengkapnya akan mulai diluncurkan di awal bulan ini.

Versi final Windows 11 telah diumumkan untuk tanggal 5 Oktober dan kesibukan akan menjadi sangat padat nantinya. Microsoft akan sangat berhati-hati untuk memastikan bahwa server pembaruan tidak down.

Jika ragu, pengguna yang tertarik untuk meng-update harus menunggu sedikit lebih lama hingga giliran mereka. Tapi itu tidak harus terjadi, Windows 11 akan segera mengambil trik yang lebih baik.

Windows 11 akan datang mulai besok, 5 Oktober, dan minat pada sistem operasi baru harus sangat tinggi, setidaknya di awal peluncurannya. Oleh karena itu Microsoft ingin mendistribusikan Windows 11 dengan cara yang baik melalui Pembaruan Windows. Jadi mungkin saja beberapa pengguna yang menginginkan OS baru ini harus menunggu.

Tetapi jika Anda mau, Anda dapat mengambil risiko terlebih dahulu dan beralih ke Windows 11. Cara termudah untuk melakukannya adalah ketika sistem Anda memenuhi persyaratan hardware yang meningkat.

Kemudian bergabunglah dengan Program Windows Insider dan dapatkan update Windows 11 secara otomatis terlebih dahulu. Setelah terinstal, Anda dapat segera keluar dari program Insider.

Atau, Microsoft juga menyediakan file ISO Windows 11 Build 22000.194. Ini ditujukan untuk semua orang yang ingin menginstal ulang dan juga merupakan alternatif bagi pengguna yang tidak memenuhi persyaratan hardware.

Dukungan Hardware untuk Windows 11

Cara mudah instal Windows 11 hanya menyenangkan untuk hardware yang cukup mutakhir. Jadi uji terlebih dahulu apakah Windows 11 akan berjalan pada sistem yang dimaksud. Microsoft menyediakan Pemeriksaan Kesehatan PC untuk hal ini. Atau, Anda dapat memeriksa sistem Anda dengan alat open source WhyNotWin11.

Hal berikut ini berlaku untuk kedua alat uji: Jika PC Anda disertifikasi sebagai kompatibel dengan Windows 11, Anda dapat menggunakan Program Windows Insider untuk mendapatkan Windows 11 terlebih dahulu. Jika Anda tidak memiliki TPM 2.0 atau CPU tidak didukung, Anda dapat mengakses Windows 11 melalui file ISO.

Tapi hati-hati: Belum jelas apakah Microsoft juga akan memberikan pembaruan untuk sistem yang tidak didukung. Oleh karena itu, kami menyarankan untuk beralih ke Windows 11 terlebih dahulu hanya pada perangkat yang memenuhi persyaratan dari sisi hardware.

Update Windows 11 Anda Sekarang

Dengan Program Windows Insider Anda dapat mengikuti perkembangan Windows 11 dari dekat, tetapi hanya jika sistem Anda memenuhi persyaratan hardware. Jika ada sesuatu yang baru, itu hanya akan didistribusikan ke insiders setelah tes internal di Microsoft.

Untuk menjadi Windows Insider, Anda harus mendaftar dengan akun Microsoft Anda. Kemudian Anda dapat mencoba Insider Update secara gratis. Hal ini tentunya menjadi daya tarik tersendiri dari program update windows 11 ini.

Perlu diketahui, Kami menyarankan untuk tidak menguji build yang terlalu dini pada sistem produktif, karena versi insider belum selesai. Windows 11 saat ini sedang didistribusikan di saluran pratinjau rilis dan ini menunjukkan bahwa pengembangannya sudah selesai. Jadi resikonya tidak terlalu besar, namun kami sangat menyarankan Anda untuk melakukan backup terlebih dahulu.

Pembaruan insider diaktifkan dimenu pengaturan Windows 10 di bawah “Pembaruan dan Keamanan”. Anda akan menemukan item menu “Program Windows Insider” di sebelah kiri di bilah sisi.

Catatan, sebagai insider, Anda harus memberikan data telemetri lengkap ke Microsoft. Simpan akun Microsoft Anda di pengaturan insider dan pilih saluran yang sesuai. Tetapkan “Saluran Pratinjau Rilis” sebagai saluran pembaruan.

Jadi, Anda berada di sisi yang aman jika Microsoft menambahkan build Windows 11 lainnya. Anda kemudian dapat dengan mudah keluar dari Program Insider dan menerima pembaruan normal untuk Windows 11.

Tampilan Gambar ISO Windows 11

Awalnya, Microsoft tidak menyediakan image ISO Windows 11 resmi untuk diunduh. Kini semuanya telah berubah dan build saat ini juga telah tersedia untuk diunduh dengan mudah. Ini adalah metode termudah bagi siapa saja yang ingin melakukan peningkatan (upgrade) atau berencana untuk mengatur Windows 11 dari awal.

Tetapi ada opsi lain untuk memuat file instalasi Windows 11 dari Microsoft dan membuat gambar ISO sendiri dari mereka. Dump UUP freeware melakukan ini. Anda harus merencanakan sekitar satu jam hingga Windows 11 ISO siap di komputer Anda.

Jika mau, Anda sekarang bisa mendapatkan Windows 11 secara resmi melalui Program Windows Insider. Atau, Anda dapat mengunduh gambar ISO dari Microsoft atau menggunakan dump UUP untuk membuat file ISO Windows 11 Anda sendiri dan kemudian melakukan instalasi baru yang baru.

Tapi hati-hati, Anda hanya boleh melakukan ini setelah melakukan back-up data dan jika sistem perangkat Anda memenuhi persyaratan hardware yang telah ditentukan.

Itu dia cara mudah menginstal windows 11 pada perangkat komputer/PC/laptop Anda. Cara ini sangat cocok untuk mereka yang tidak sabaran ingin segera mencoba versi terbaru, namun jika Anda bersabar, Anda cukup menunggu notif pemberitahuan dari Microsoft.