Jadwal Imsakiyah Terbaru 2023 di Seluruh Wilayah Indonesia

Jadwal Imsakiyah Terbaru 2023 di Seluruh Wilayah Indonesia

Anda harus tahu jadwal imsakiyah terbaru 2023 di seluruh wilayah Indonesia agar puasa semakin nyaman. Jadwal seperti ini dapat Anda temui dari beberapa sumber akurat mulai dari kemenag sampai organisasi keagamaan.

Pada dasarnya jadwal imsakiyah adalah sebuah penunjuk waktu kapan imsak, subuh, kemudian waktu shalat lainnya. Sehingga menggunakan jadwal tersebut Anda bisa tahu pergantian waktu terkait.

Di sini akan kami jelaskan di mana, bagaimana caranya, dan apakah ada bentuk aplikasinya. Sehingga umat muslim semakin mudah ketika menjalankan ibadah puasa di bulan ramadan 2023 ini.

Informasi seperti ini tentu saja bisa dijadikan sebagai sebuah acuan penting persiapan ramadan. Nantinya ibadah juga akan menjadi lebih khusyu apabila tidak lagi sangsi terhadap waktu tertentu.

Di Mana Lihat Jadwal Imsakiyah Terbaru 2023 di Seluruh Wilayah Indonesia?

Langsung saja di sini akan kami jelaskan di mana Anda bisa mengecek sendiri jadwal imsakiyah secara daring. Sehingga tidak ada kesalahan ketika menentukan kapan masuk waktu shalat.

1.     Kemenag

Kemenag sudah menyiapkan sendiri sebuah laman untuk mengecek kebutuhan tersebut. Jadi jadwal imsakiyah terbaru 2023 di seluruh wilayah Indonesia dapat Anda lihat melalui laman resmi kementerian agama republik Indonesia.

Sekarang Anda sudah bisa langsung mengecek sendiri melalui situs tersebut sebagai referensi. Anda juga dapat mengunduhnya menjadi format excel agar lebih mudah dicetak sendiri.

2.     Al habib

Selain dari kemenag salah satu situs penyedia jadwal imsakiyah adalah al habib. Di sini Anda bisa langsung membuka situsnya kemudian pada widget bagian kanan akan terlihat jadwalnya.

Memang akan lebih mudah namun keterbatasannya ada pada penjadwalan harian. Sehingga Anda tidak bisa tahu bagaimana dua hari kemudian misalnya apabila ingin melihatnya.

3.     Suara Muhammadiyah

Anda juga bisa melihat jadwal imsakiyah terbaru 2023 di seluruh wilayah Indonesia melalui website muhammadiyah. Di situ Anda bisa langsung mengunduh seperti apa jadwalnya tergantung daerah masing-masing.

Jadi sudah disediakan setiap daerahnya agar Anda semakin mudah menemukan jadwalnya. Hasil pengunduhan juga akan berupa gambar, ini memungkinkan file tersebut mudah dibuka pada beberapa perangkat.

Dengan menggunakan metode ini maka Anda juga dapat menjadikannya sebagai wallpaper smartphone. Tujuannya agar bisa mudah melihat kapan jadwalnya agar bisa dilihat langsung.

Masih ada banyak lagi tempat di mana Anda dapat melihat jadwal imsakiyah secara daring. Ketiga opsi tersebut memang paling mudah digunakan oleh siapa saja sehingga tepat dijadikan solusi.

Cara Cek Jadwal Imsakiyah Terbaru 2023 di Seluruh Wilayah Indonesia Menggunakan Website Kemenag

Apabila Anda memang ingin mengecek langsung jadwalnya menggunakan situs kemenag kami siapkan tutorial khusus. Berikut ini adalah bagaimana tahapan agar dapat melihat langsung kapan waktunya.

  1. Buka link https://bimasislam.kemenag.go.id/jadwalimsakiyah
  2. Tentukan provinsi domisili
  3. Tentukan tahun
  4. Pilih di mana kabupaten
  5. Klik icon pencarian (proses data)
  6. Tunggu beberapa saat
  7. List imsakiyah akan langsung muncul semua selama satu bulan

Dengan menggunakan metode cek jadwal imsakiyah terbaru 2023 di seluruh wilayah Indonesia ini Anda bisa tahu dari daerah mana saja. Langkah ini tentu saja sangat memudahkan apabila Anda ingin mengunduh sendiri langsung dari kemenag.

Selain itu fitur dari situs kemenag juga bisa dipakai untuk membuat sendiri tabel dalam bentuk excel. Berikut ini adalah tutorial apabila Anda ingin mengunduh versi excel sendiri jadwal imsakiyah.

  1. Buka link https://bimasislam.kemenag.go.id/jadwalimsakiyah
  2. Tentukan provinsi domisili
  3. Tentukan tahun
  4. Pilih di mana kabupaten
  5. Klik icon pencarian (proses data)
  6. Tunggu beberapa saat
  7. List imsakiyah akan langsung muncul semua selama satu bulan
  8. Klik tombol export excel
  9. Simpan pada direktori device anda
  10. File siap dibuka kapan saja

Keuntungan dengan metode export file excel ini adalah Anda tidak perlu jaringan internet untuk mengecek lagi. Opsi tersebut tentu lebih praktis digunakan apabila ingin mengetahui kapan pembagian waktunya.

Metode tadi tentu mudah dan bisa dijadikan sebagai opsi agar ibadah bulan ramadan semakin khusyu. Jangan sampai lupa juga jadwalnya agar waktu sahur bisa tepat sehingga kuat menjalankan puasa.

Aplikasi Jadwal Imsakiyah Terbaru 2023 Android

Apabila Anda lebih suka versi aplikasi ada juga opsi paling pas digunakan oleh para pengguna. Di sini kami akan memberikan informasi review singkat terkait beberapa aplikasi penunjuk waktu android.

1.     Jadwal Sholat dan Imsakiyah dari Kodelokus Cipta Aplikasi

Ini adalah aplikasi jadwal imsakiyah sekaligus sholat yang selalu update setiap waktu. Dibuat oleh developer kodelokus cipta aplikasi tentu saja bisa memberikan kebutuhan Anda selama bulan ramadan.

Aplikasinya cukup ringan sehingga bisa digunakan berbagai perangkat android tanpa khawatir membebani sistem. Anda bisa mengunduhnya langsung di Play Store secara gratis jika ingin menggunakannya.

2.     Jadwal Sholat, Kiblat, dan Adzan dari Andi Unpam

Developer Andi Unpam membuat aplikasi ini untuk memudahkan umat muslim melakukan ibadah. Tidak hanya sebagai penunjuk waktu namun juga arah kiblat ketika sholat.

Anda bisa memakainya sebagai salah satu acuan apabila ingin tahu kapan imsak terjadi. Aplikasinya ringan, gratis, juga stabil sehingga pas dijadikan opsi bagi para pengguna android.

Apabila Anda ingin mencoba langsung saja unduh melalui Play Store dengan cara search nama aplikasinya. Ukuran file cukup kecil sehingga tidak butuh lama saat mengunduh aplikasinya.

3.     Umma dari Umma

Umma adalah aplikasi dari developer umma yang bisa dipakai sebagai penunjuk waktu ibadah. Mulai dari imsak, subuh, sampai isya bisa Anda lihat menggunakan perangkat lunak tersebut.

Selain itu beberapa fitur baru seperti adzan, arah kiblat, sampai tanggal hijriah dapat Anda gunakan juga. Fiturnya lengkap sehingga banyak dipakai oleh para pengguna perangkat android.

Anda bisa mengunduh langsung secara gratis aplikasi umma melalui Play Store sekarang juga. Silahkan coba apakah memang dapat memenuhi kebutuhan Anda atau tidak.

Semua informasi tadi tentu saja dapat Anda jadikan sebagai referensi agar ibadah di bulan ramadan semakin lancar. Siapkan jadwal imsakiyah terbaru 2023 di seluruh wilayah Indonesia agar nantinya tidak lupa untuk makan sahur.

Related Posts