Ingin Menambah Pahala di Bulan Suci? Ini Dia Beberapa Amalan Sunnah yang Bisa Dilakukan

Ingin Menambah Pahala di Bulan Suci? Ini Dia Beberapa Amalan Sunnah yang Bisa Dilakukan

Apakah Anda ingin menambah pahala di bulan suci? Ini dia beberapa amalan sunnah yang bisa dilakukan. Di sini kami akan berikan delapan amalan paling mudah dilakukan umat muslim agar menambah pahala.

Bulan Ramadan memang sebuah momen paling ditunggu oleh umat muslim karena saat itu ada banyak sekali berkah. Berbagai perbuatan baik akan mendapatkan ganjaran jauh lebih besar dibandingkan bulan biasa.

Oleh sebab itu, apabila Anda memperbanyak sunnah maka akan semakin mendekatkan pada surga. Inilah alasan mengapa ketika Ramadan banyak orang berbondong-bondong berbuat kebaikan pada sesama.

Apakah Anda Ingin Menambah Pahala di Bulan Suci? Ini Dia Beberapa Amalan Sunnah yang Bisa Dilakukan

Apabila Anda belum tahu apa saja amalannya jangan khawatir karena akan kami jelaskan. Sebenarnya ada banyak opsi untuk dijadikan fitur mencari pahala, namun di sini akan dijelaskan pilihan paling mudah.

Mengapa harus mencari jalan sulit karena dalam Islam ibadah yang sederhana juga memiliki banyak nilai. Simak segmen selanjutnya agar bisa tahu apa saja yang dapat dilakukan agar bulan Ramadan semakin menambah berkah.

Sebenarnya tidak terlalu kompleks amalan yang dapat Anda lakukan selama bulan suci. Langsung saja berikut ini adalah delapan sunnah dengan ganjaran pahala luar biasa jika dilakukan selama puasa.

1. Sahur

Sahur adalah waktu makan di malam hari yang dilakukan pada saat bulan Ramadan. Namun tahukah Anda bahwa kegiatan ini sebenarnya sunnah dan lebih baik dilakukan mendekati waktu imsak.

Sahur akan mendapatkan pahala apabila dilakukan mendekati imsak di mana ini juga bagus karena lambung sudah siap mencerna makanan lagi. Jika ingin menambah pahala di bulan suci? Ini dia beberapa amalan sunnah yang bisa dilakukan.

Ketika melaksanakan sahur sebaiknya menggunakan juga makanan lebih ringan agar lambung tidak terlalu begah. Bagi sebagian orang membiasakan diri konsisten bangun saat sahur memang sulit.

Jangan sampai mengakhirkan waktunya terlalu belakangan ketika menyentuh imsak. Dikhawatirkan nantinya sudah masuk waktu berpuasa sehingga alih-alih mencari pahala justru membatalkannya.

2. Sedekah

Apabila ingin menambah pahala di bulan suci? Ini dia beberapa amalan sunnah yang bisa dilakukan termasuk bersedekah. Sedekah dapat berupa makanan atau uang tunai kepada mereka membutuhkan.

Nominalnya tidak perlu terlalu besar selama pihak pemberinya merasa ikhlas ketika mengeluarkan. Memang jika belum pernah mengeluarkan harta guna bersedekah akan jadi cukup berat.

Oleh sebab itu, awali menggunakan nominal kecil dahulu agar dapat memperoleh nilai ikhlasnya. Percuma bersedekah ketika tidak ikhlas melepaskan harta tersebut saat melakukannya.

Agar tepat sasaran Anda juga bisa menggunakan badan amal dari pemerintah. Sekarang juga cukup banyak platform sedekah secara daring sehingga bisa dilakukan semakin mudah.

3. Tadarus dan Mengkhatamkan Al-Quran

Tadarus adalah salah satu cara apabila ingin menambah pahala di bulan suci? Ini dia beberapa amalan sunnah yang bisa dilakukan. Ini merupakan kegiatan membaca Al-Quran sekaligus menyimaknya.

Tujuan menyimak saat tadarus adalah menghindari adanya kesalahan membaca atau sebagainya. Amalan tersebut memang sunnah dilakukan pada saat bulan suci Ramadhan oleh umat Islam.

Anda bisa menjadikannya sebagai sebuah pilihan karena bisa dilakukan bersama-sama. Biasanya di mushola atau masjid pasti melakukan agenda seperti ini pada saat bulan suci Ramadan.

4. Memberi Makan Orang Berbuka

Salah satu bentuk sedekah yang dimuliakan ketika Ramadan adalah memberi makan orang berbuka. Membagikan takjil secara cuma-cuma pada para pengguna jalan dapat menjadi pilihan.

Kegiatan ini tentu saja akan mendapatkan tanggapan positif dari masyarakat sekitar. Sekarang siapa yang tidak suka mendapatkan buka puasa secara gratis ketika perjalanan pulang ke rumah.

Bahkan ketika ingin menambah pahala di bulan suci? Ini dia beberapa amalan sunnah yang bisa dilakukan. Bersedekah dengan cara memberi orang makanan untuk berbuka dapat dilakukan bersama-sama.

Nantinya amalan tersebut tentu akan sangat berguna apabila dilaksanakan secara rutin. Dampak sosial dari agenda tersebut tentu juga signifikan apabila Anda lihat secara luas.

5. Memperbanyak Doa

Berdoa pada dasarnya adalah sunnah dilakukan kapan saja dalam durasi kehidupan seorang manusia. Namun ketika berdoa pada momen Ramadan maka doanya akan lebih mudah diijabah oleh tuhan.

Jika ingin menambah pahala di bulan suci? Ini dia beberapa amalan sunnah yang bisa dilakukan. Ada banyak doa yang dapat Anda unggah kepada tuhan misalnya meminta dimudahkan rezeki.

Melakukannya juga menggunakan waktu spesifik misalnya pada sepertiga akhir malam. Apabila dilakukan pada momen tersebut maka kemungkinan menjadi kenyataan jelas lebih tinggi.

6. Menyegerakan Berbuka Puasa

Momen berbuka puasa ditandai dengan adzan maghrib jadi Anda bisa mengakhiri puasa. Sebenarnya boleh saja Anda berbuka sedikit akhir apabila memang tidak memungkinkan untuk melakukannya.

Namun akan lebih baik menyegerakan berbuka agar dahaga maupun lapar dapat lepas seketika. Minum air putih saja sudah dapat digunakan untuk berbuka apabila belum ada makanan.

7. Itikaf

Itikaf adalah sebuah kegiatan berdiam diri di dalam masjid, ini dapat memberikan pahala. Bahkan sekedar tidur di masjid saja sudah memberikan pahala bagi umat Islam yang melaksanakannya.

Apalagi jika ditambah dengan tadarus, berdoa, atau sholat sunnah tentu saja bisa lebih bagus lagi. Jangan ambil sisi tidurnya namun kegiatan bermanfaat dalam masjid tersebut.

8. Shalat Malam

Meluangkan waktu setelah shalat tarawih untuk melakukan shalat malam tentu saja dapat memberikan Anda pahala. Ingat jangan sampai melakukannya setelah shalat witir karena ini digunakan untuk penutup.

Jadi lakukan shalat malam setelah tarawih dan sebelum witir apabila ingin pahalanya tinggi. Momen paling pas adalah dua pertiga akhir malam karena dari berbagai sumber mengatakan begitu.

Beberapa poin tadi tentu saja dapat dijadikan sebagai referensi apabila ingin mendekatkan diri pada tuhan. apabila ingin menambah pahala di bulan suci? Ini dia beberapa amalan sunnah yang bisa dilakukan.

Related Posts