Cara Mengembalikan Kesehatan Baterai iPhone Ke 100 Persen

Cara Mengembalikan Kesehatan Baterai iPhone Ke 100 Persen

Perlu Anda ketahui bagi pengguna ponsel pintar iPhone, terdapat beberapa cara mengembalikan kesehatan baterai iPhone ke 100. Dengan kesehatan baterai yang baik maka akan semakin baik juga ponsel digunakan dalam waktu lama. Bagaimana caranya? Simak terus!

Baterai merupakan hardware penting untuk menyuplai energi listrik kepada ponsel Iphone Anda. Tentunya ketika perangkat hardware satu ini mengalami permasalahan dapat menghambat Anda dalam berkegiatan sehari-hari ketika menggunakan ponsel ini.

Nah, pada ponsel iPhone terdapat indikator kesehatan baterai atau Baterai Health. Kesehatan baterai pada iPhone sering kali menjadi momok menakutkan. Namun tenang, terdapat beberapa cara untuk mengembalikan kesehatan baterainya, berikut ulasannya.

Cara Mengembalikan Kesehatan Baterai iPhone Ke 100 dengan Fitur Kalibrasi

Cara selanjutnya untuk mengembalikan kesehatan battery iPhone adalah dengan melakukan kalibrasi atau proses normalisasi baterainya agar kapasitas datanya dapat dibaca oleh sistem. Nah, berikut di bawah ini beberapa langkah untuk mengembalikan kesehatan baterai iPhone.

  1. Langkah pertama yang perlu Anda praktikan adalah dengan melakukan pengisian daya hingga 100%.
  2. Kemudian setelah baterainya terisi penuh gunakan kembali ponselnya hingga baterainya habis dan mati secara otomatis.
  3. Dalam kondisi mati, silahkan isi daya hingga battery terisi full dan jangan digunakan terlebih dahulu.
  4. Kemudian setelah kondisi battery kembali, lakukan kembali cara yang pertama yaitu gunakan hingga baterainya habis.
  5. Lakukan proses ini berulang kali maksimal 3 kali, dan kemudian cek kembali kesehatan baterai apakah kembali normal atau tidak.

Meskipun terlihat mudah, akan tetapi proses kalibrasi ini membutuhkan waktu yang terbilang lama sehingga Anda harus tetap bersabar. Ketika Anda melakukan proses di atas maka ponsel akan otomatis melakukan kalibrasi.

Charger Ponsel Sebelum Baterai Lowbat

Baterai yang lowbat biasanya akan muncul notifikasi peringatan ketika baterai dalam kondisi tersisa penggunaan 20% lagi yang disusul dengan opsi penghemat battery. Dengan mengaktifkan penghemat baterai maka ponsel akan mengoptimalkan daya agar lebih hemat.

Akah lebih baik rasanya jika Anda melakukan pengisian daya saat ponsel belum lowbat apalagi melakukan pengisian daya saat habis atau 0%. Selain dapat merusak baterainya perilaku buruk charger ponsel ketika lowbat dapat merusak berbagai komponen lain.

Masalah dalam pengisian daya baterainya menjadi bagian terbilang penting untuk menjaga kesehatan baterainya. Bukan hanya bagi pengguna iPhone saja akan tetapi bagi seluruh pengguna perangkat smartphone lain seperti Android contohnya.

Selain charger saat battery lowbat menggunakan perangkat charger original iPhone merupakan hal penting. Dengan menggunakan perangkat charger original tentunya aliran listrik menuju ponsel lebih stabil sehingga tidak akan merusak baterainya.

Perlu Anda ketahui di pasaran saat ini tidak semuanya menjual charger original sehingga Anda harus lebih pintar dalam memilih perangkat charger. Membeli perangkat charger original sangat direkomendasikan demi menjaga kesehatan baterainya.

Solusi Terakhir Ganti Baterai iPhone

Terdapat beberapa faktor yang dapat membuat battery iPhone cepat panas dan juga habis seperti Fetch data terus berjalan, beberapa efek animasi aktif, pengaturan pencahayaan terlalu terang, selalu menggunakan wifi, dan masih banyak lagi.

Jika Anda telah melakukan cara di atas akan tetapi kondisi baterainya tetap kurang sehat maka cari atau solusi terakhir untuk mengatasinya yaitu dengan mengganti baterai. Sebenarnya tidak ada cara yang paling efektif untuk mengembalikan kesehatan baterai selain menggantinya.

Ketika Anda merasa kondisi perangkat penyuplai daya pada ponsel ini sedang mengalami permasalahan maka langkah baiknya diganti saja. Namun, ketika Anda membeli baterai baru pastikan memiliki garansi serta benar-benar original bukan KW.

Jika Anda memaksakan menggunakan battery KW contohnya OEM KW maka hanya tinggal menunggu waktu saja untuk battery rusak kembali. Biasanya yang KW hanya mampu digunakan beberapa bulan saja lebih lama lagi maka kondisi kesehatannya akan semakin buruk.

Oleh karena itu jangan tergiur dengan harga yang lebih murah saat membeli perangkat penyuplai daya pada ponsel ini. Alangkah baiknya jika uang Anda kurang lebih bagus menabung terlebih dahulu hingga uangnya cukup untuk membeli battery original.

Baterai ponsel iPhone memang sering kali menjadi momok menakutkan karena terbilang kesehatannya rentan menurun. Nah, agar kondisi kesehatannya tetap optimal coba cara mengembalikan kesehatan baterai iPhone ke 100 di atas.