Tata Cara Kirim Uang Lewat ATM ke Semua Jenis Bank

Tata Cara Kirim Uang Lewat ATM ke Semua Jenis Bank

Setelah berhasil membuka rekening, maka Anda harus mempelajari cara kirim uang lewat ATM. Anda dapat mengirim uang melalui ATM untuk semua jenis bank. Akan tetapi, nasabah harus tahu betul bagaimana cara mengirimkan uang ke rekening lain.

Agar tidak salah prosedur transfer uang, maka pelajari caranya terlebih dahulu. Mengingat, ada beberapa langkah-langkah yang mungkin Anda belum ketahui. Tidak perlu khawatir, bertransaksi melalui ATM ini sangat mudah dan aman.

Lalu, proses pengiriman uang hanya memerlukan beberapa menit saja. Dengan mempelajari caranya, maka Anda dapat mengirimkan uang ke sesama bank maupun berbeda bank. Apabila ada kendala saat transfer uang, maka segera hubungi hotline bank melalui smartphone pribadi.

BACA JUGA: Cara Kirim Uang dari Malaysia ke Indonesia, Dijamin Aman

Tutorial Cara Kirim Uang Lewat ATM ke Sesama Bank dan Antar Bank

Perlu Anda ketahui bahwa kirim uang melalui ATM ke sesama bank ini berbeda dengan antar bank. Oleh karena itu, ini dia cara mengirimkan dana ke sesama dan antar Bank. Di antaranya adalah :

  1. Cari Mesin ATM sesuai Rekening Bank

Langkah pertama, Anda harus mencari mesin ATM yang sesuai dengan rekening bank milik pribadi. Kemudian, masukkan kartu ATM dan submit PIN. Pastikan tidak ada orang yang tahu PIN rekening milik Anda.

  1. Pilih Menu Transfer

Langkah kedua, segera cari menu transfer pada mesin ATM. Apabila Anda transfer uang ke sesama bank, maka langsung memasukkan nomor rekening tujuan. Apabila berbeda bank, maka silahkan cari tahu kode bank pada mesin ATM.

Kemudian, submit kode bank tujuan pengiriman uang. Setelah itu, masukkan nomor rekening milik penerima.

  1. Masukkan Nominal Transfer

Langkah selanjutnya adalah masukkan nominal uang yang akan ditransfer ke penerima. Minimal, nominal transfer uang ke sesama maupun beda bank ini sekitar Rp. 10.000. Lalu tekan lanjut.

Pada layar ATM akan muncul nama penerima uang. Langkah selanjutnya adalah tekan transfer atau submit. Kemudian, mesin ATM akan mencetak struk bukti pengiriman uang.

BACA JUGA: Inilah Cara Kirim Uang Lewat Indomaret Beserta Keuntungannya

Cara Kirim Uang Melalui ATM Bersama

Untuk menghemat biaya pengiriman dana antar bank, Anda dapat menggunakan ATM bersama guna mengirim uang. Caranya hampir sama dengan mengirim uang melalui ATM bank tempat Anda menjadi nasabah.

Langkah pertama, pastikan bahwa kartu ATM memiliki logo “ATM Bersama”. Kemudian, cari mesin ATM yang memiliki logo ATM Bersama. Lalu, masukkan kartu ATM beserta PIN. Pilih menu transfer.

Lalu, masukkan kode bank tujuan penerima dana. Langkah kedua, masukkan nomor rekening penerima dana. Setelah itu, masukkan nominal dana yang akan Anda kirim. Setelah itu, akan muncul konfirmasi transfer dana ke rekening penerima dan tekan oke.

BACA JUGA: Ini Dia Cara Kirim Uang Lewat Alfa Beserta Persyaratannya

Manfaat Mempelajari Cara Kirim Uang Lewat ATM

Memang, masih banyak orang yang belum paham betul bagaimana cara mengirimkan uang melalui mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Sehingga, nasabah tidak mengetahui cara kirim uang ke sesama dan antar bank. Maka dari itu, mempelajari tata cara pengiriman uang melalui mesin ATM ini sangat penting.

Ada berbagai manfaat dari mempelajari cara-cara tersebut. Manfaat yang pertama, Anda dapat mengetahui langkah-langkah mengirim uang dengan aman melalui mesin ATM. Masih banyak orang yang sering mengalami gagal transfer atau salah transfer ke rekening milik orang lain.

Sehingga, proses refund uang transfer ini memakan waktu cukup lama. Tidak semua klaim dapat diinvestigasi oleh pihak bank. Manfaat yang kedua adalah mengetahui cara-cara melindungi kerahasiaan nomor rekening pribadi.

Banyak kasus skimming atau pembobolan rekening melalui mesin ATM. Dengan mempelajari cara aman mengirimkan uang melalui mesin ATM, maka uang didalam rekening masih sangat aman.

Sebab, Anda dapat mengirimkan uang melalui mesin ATM dan aplikasi mobile banking ke penerima dana. Mengingat peran kartu ATM yang telah diaktivasi oleh pihak bank ini cukup penting, maka pelajari cara transfer ke sesama atau beda bank. Dengan mempelajari cara kirim uang lewat ATM, proses pengiriman uang akan lebih mudah dan aman.