Buat Akun di Kemnaker.go.id untuk Login BSU

Buat Akun di Kemnaker.go.id untuk Login BSU

Sebelum dapat login ke situs Kemnaker, Anda diharuskan untuk membuat akun terlebih dahulu. Selama proses pembuatannya, dibutuhkan beberapa data pribadi serta konektifitas internet yang lancar.

Berikut cara login BSU di Kemnaker.go.id :

  • Buka laman situs kemnaker.go.id
  • Daftar Akun (bila belum memiliki akun)
  • Isi dan lengkapi proses pendaftaran
  • Aktivasi akun menggunakan kode OTP yang dikirim ke nomor handphone Anda
  • Login ke akun Anda
  • Lengkapi semua profil biodata diri ayng diminta oleh sistem
  • Cek pemberitahuan
  • Tunggu hasil berupa notifikasi

Hasil Notifikasi Akun BSU

Anda akan menerima hasil notifikasi akun BSU beberapa saat kemudian setelah melalui langkah-langkah diatas. Ada beberapa hasil dan informasi yang perlu Anda pahami. Berikut ulasannya.

Calon Terdaftar atau Tidak Terdaftar

Disini Anda akan menerima informasi sebagai penerima BSU atau tidak. Keterangan yang disampaikan adalah “TERDAFTAR” dan “TIDAK TERDAFTAR”. Jika status “TERDAFTAR” itu berarti Anda akan telah ditetapkan sebagai calon penerima BSU 2022.

Jika “TIDAK TERDAFTAR” itu artinya Anda tidak termasuk kriteria sebagai penerima BSU 2022. Jika Anda merasa tidak setuju dengan hasilnya, silahkan hubungi nomor kontak pengaduan yang tersedia untuk melakukan konfirmasi ulang.

Penetapan Status

Informasi ini akan menetapkan status Anda dengan lebih jelas. Apabila terdapat keterangan “DITETAPKAN” maka Anda secara resmi dipastikan akan mendapat BSU 2022 dalam waktu dekat.

Namun, bila informasi yang tertera besisi kalimat “BELUM MEMENUHI SYARAT” maka ini berarti Anda tidak akan mendapatkan BLT Karyawan dibawah 3 juta karena belum memenuhi syarat yang telah ditentukan oleh pemerintah.

Proses Penyaluran

Selanjutnya adalah proses penyaluran atau pencairan dana BSU 2022 kepada calon penerima. Ada 2 jenis informasi yang akan disampaikan disini. Yang pertama, informasi dengan status “TERSALURKAN KE REKENING ANDA”. Ini artinya dana BSU sudah secara otomatis ke akun rekening Anda.

Bank yang dituju adalah semua Bank pemerintah, yakni Bank BRI, Mandiri, BNI dan BTN (Bank Himbara). Sementara yang kedua, informasi dengan status “TERSALURKAN DAN AKTIVASI REKENING BARU” ini berarti Anda harus segera melakukan aktivasi rekening baru yang dibuatkan khusus untuk Anda karena tidak memiliki rekening di Bank pemerintah.

Daftar Bank Penyalur BSU 2022

Bank penyalur dana bantuan BSU 2022 adalah Bank Himbara (Mandiri, BNI, BRI, dan BTN). Sementara khusus untuk wilayah Aceh menggunakan Bank Syariah Indonesia. Pastikan Anda memiliki akun rekening disalah satu Bank tersebut.

Apabila tidak memiliki rekening disemua Bank yang terdaftar, maka pihak Kemnaker akan secara otomatis membuatkan Anda sebuah rekening baru secara kolektif yang dilakukan dengan cara bekerja sama antara pihak Bank dan perusahaan tempat Anda bekerja.

Call Center Kemnaker

Di situs resmi Kemnaker telah dicantumkan halaman khusus perihal FAQ BSU 2022. Hal ini tentunya untuk membantu para pihak yang sedang mencari informasi atau jawaban seputar BSU ini.

Namun, jika Anda merasa tidak menemukan jawaban atas pertanyaan yang diajukan, silahkan dicoba untuk menghubungi call center Kemnaker di nomor (021) 1500-630 di hari Senin sampai Jumat pada pukul 08.00 hingga 16.00 wib.

Buat akun di Kemnaker.go.id untuk login BSU kini dapat Anda lakukan dengan mudah. Pastikan Anda melakukan penginputan data diri sesuai dengan identitas yang berlaku ya. Selamat mencoba.