Aplikasi Pengolah Kata Terbaik untuk Komputer

Aplikasi Pengolah Kata Terbaik untuk Komputer

Aplikasi pengolah kata merupakan perangkat lunak yang sudah diprogram untuk mengolah data berupa dokumen berupa teks dan gambar. Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan aplikasi macam ini.

Sebab, kegunaannya di kehidupan sehari-hari sangat penting. Apa lagi bagi pelajar, mahasiswa, pekerja, serta berbagai profesi yang berkaitan dengan kepenulisan.

Mungkin Anda hanya mengenal beberapa aplikasi untuk mengolah kata yang populer saja. Padahal, banyak sekali aplikasi untuk mengolah dokumen dalam bentuk kata yang bisa ditemukan dari berbagai developer top dunia.

Untuk mengenalnya, pada artikel kali ini kami akan membahas apa saja aplikasi terbaik untuk mengolah kata yang bisa dipasang di komputer. Simak selengkapnya berikut ini.

Fungsi Aplikasi Pengolah Kata Secara Umum

Sebelum membahas jenisnya, kami akan terlebih dahulu menjelaskan fungsinya. Fungsi pertama adalah sebagai alat memproduksi dokumen. Artinya, Anda bisa membuat dokumen berisi teks melalui aplikasi ini.

Selain itu, pengolah kata juga bisa dimanfaatkan untuk menyunting atau mengedit dokumen tersebut. Dalam penulisan atau pembuatan dokumen, tentu Anda sering mengalami salah ketik atau salah format.

Nah dengan aplikasi ini, bagian yang salahnya bisa diganti dan diperbaiki. Jadi, Anda tidak perlu membuat ulang dari awal. Fungsi lain dari aplikasi untuk mengolah kata adalah untuk mengarsipkan dokumen.

Sehingga, dokumen bisa disusun dan disimpan sesuai keinginan penggunanya. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga berguna untuk mendesain layout dokumen. Sehingga, terlihat lebih menarik dan sesuai ketentuan.

Pada beberapa aplikasi, bahkan memiliki fungsi untuk mengubah format file. Misalnya saja dari word ke pdf atau format lainnya.

5 Aplikasi Pengolah Kata Terbaik yang Ada di Komputer

Setelah mengetahui berbagai fungsinya, kali ini kami akan memberikan beberapa rekomendasi terbaik untuk anda. Seperti yang diketahui, bahwa saat ini aplikasi yang digunakan untuk mengolah kata sudah sangat banyak.

Tapi ada beberapa aplikasi terbaik yang bisa Anda coba. Hal ini berdasarkan tampilannya, kegunaannya, dan fitur yang dimiliki aplikasi tersebut. Berikut ini adalah daftar aplikasi pengolah kata yang ada di komputer:

  1. Microsoft Word

Microsoft Word merupakan bagian dari Ms Office yang saat ini sangat populer di dunia. Bahkan bisa dikatakan, aplikasi ini merajai pasaran dunia untuk pengolah kata.

Kelebihan Ms Word adalah tampilannya sederhana dan mudah dipahami pengguna, fitur lengkap, dan nyaman digunakan. Sayangnya, untuk mendapatkan aplikasi ini kamu harus membayar.

  1. WPS Word

WPS Word merupakan aplikasi yang disebut sangat mirip dengan Ms Word. Mulai dari segi fitur, tampilan, hingga fungsinya. Menariknya, Anda bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis.

  1. Star Office Writer

Tidak hanya WPS Word saja yang mirip dengan Ms Word, Star Office Writer juga cukup mirip. Tampilannya sederhana dengan berbagai fitur pelengkap lainnya. Harga aplikasi ini jauh lebih terjangkau dari Ms Word.

  1. Correl Word Perfect

Correl Word Perfect sangat cocok untuk komputer keluaran lama. Misalnya adalah untuk sistem operasi Windows XP, Windows 2000, bahkan cocok untuk Windows 98.

  1. Google Docs

Google Docs merupakan pengolah kata keluaran Google yang bisa diakses secara online. Fitur yang dimilikinya cukup lengkap dengan tampilan user friendly. Hanya saja akan terganggu jika koneksi internet buruk.

Apakah Pengolah Kata Bisa Dipasang di Hp?

Tentu saja bisa, sebab sudah banyak platform yang meluncurkan versi mobilenya. Hal ini akan memudahkan Anda dalam bekerja mengolah dokumen secara mobile di mana saja.

Apa lagi jika aplikasinya sudah terintegrasi dengan internet. Maka, Anda bisa mengakses dokumen dari komputer ke Hp. Beberapa aplikasi yang tersedia untuk versi mobilenya adalah Microsoft Word, Google Docs, dan WPS Word.

Jadi, mulai sekarang kamu tidak perlu berpaku pada satu aplikasi tertentu saja untuk mengolah kata. Sebab, terdapat banyak aplikasi pengolah kata yang bisa dimanfaatkan.