Cara Bayar Pajak Motor di Indomaret

Cara Bayar Pajak Motor di Indomaret

Cara bayar pajak motor di Indomaret bisa dicoba dengan gampang. Saat ini, Anda tidak butuh repot mengantre di loket pembayaran Samsat. Anda bisa memakai layanan pembayaran pajak motor di minimarket terdekat.

Siapa saja yang mempunyai kendaraan bermotor bakal dikenakan pajak atas kepemilikannya. Hal ini sebagaimana tercantum dalam sebuah pasal yang sudah diatur oleh Perda tentang perpajakan kendaraan, sejak tujuh tahun silam.

Cara Mudah Bayar Pajak STNK Motor di Indomaret

Belum keseluruhan Indomaret yang ada sekarang mempunyai layanan pembayaran pajak motor. Layanan pembayaran pajak motor cuma dapat dicoba di Indomaret di DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur.

Proses pembayaran pajak di Indomaret bisa dicoba tanpa melampirkan KTP asli. Anda cuma butuh informasi No Induk Kewarganegaraan (NIK) serta alamat KTP saja. Berikut ini merupakan tahapan-tahapan pembayaran pajak motor online di Indomaret.

Cara bayar pajak motor di Indomaret ini merupakan langkah mudahnya. Ikuti saja sesuai langkah-langkah yang ada, tentunya secara teliti dan runtut. Jika terdapat perubahan teknis, bisa dikonfirmasi ke petugas terkait.

  1. Kunjungi Gerai Indomaret Terdekat

Pertama-tama, Anda bisa mendatangi gerai Indomaret yang bisa Anda jumpai. Sehabis itu, Anda bisa mencari mesin monitor buat membayar pajak.

Mesin ini umumnya terlihat semacam mesin ATM bank. Tetapi, mesin ini mempunyai layar sentuh dengan tampilan menu yang berbeda.

  1. Ketik Samsat

Sehabis Anda sampai di depan layar tersebut, Anda bisa mengetikkan Samsat pada kolom pencarian. Bila ditemukan kesusahan, Anda bisa complain ke pegawai Indomaret yang Anda kunjungi.

Sehabis Anda melaksanakan pengetikkan serta memencet tombol pencarian, Anda bakal dimohon buat mengisi informasi diri. Tidak banyak, biasanya cuma nomor e-KTP, pelat motor, serta kontak yang bisa dihubungi.

  1. Nominal Tagihan Muncul

Sehabis Anda melaksanakan pengisian informasi serta menginputnya, layar bakal menunjukkan nominal tagihan pajak yang mesti dibayarkan. Anda wajib cermat dalam mengisi informasi yang diperlukan dengan benar.

  1. Cetak Struk Pembayaran

Bila informasi sudah muncul, Anda bisa mencetak struk buat diberikan kepada kasir. Kasir bakal memproses transaksi pembayaran. Anda tinggal menunggu saja hingga SMS masuk. Pesan tersebut berisi Electronic Registration and Identification.

  1. Cek SMS

Bila Anda sudah memperoleh SMS, Anda bisa membuka SMS tersebut. Kemudian, Anda bisa menjajaki instruksi sebagaimana dengan SMS yang masuk ke ponsel Anda. Sehabis Anda menuntaskan pembayaran di kasir, Anda bisa menaruh struk pembayaran pajak motor.

Cara Bayar Pajak di Indomaret Tanpa KTP

Apakah bisa bayar pajak STNK motor tanpa KTP pemilik di Indomaret? Jawabannya adalah bisa. Hal tersebut dapat Anda lakukan di cabang Indomaret yang sudah memiliki integrasi sistem perihal pembayaran pajak ini.

Secara umum, cara bayar pajak di Indomaret tanpa KTP hampir sama dengan cara membayar pajak kendaraan pada umumnya. Nantinya, pihak kasir Indomaret tidak akan meminta ID berupa NIK KTP, namun akan digantikan dengan data yang lainnya yaitu berupa lembaran STNK langsung dan nomor HP yang aktif saja.

Pengalaman Bayar Pajak Motor di Indomaret

Hadirnya Indomaret diberbagai wilayah di tanah air, tentu sangat membantu warga sekitar, terutama dalam hal pembayaran pajak motor secara online di Indomaret. Kini, warga tidak perlu jauh-jauh untuk mendtangi kantor Samsat yang biasanya terletak ditengah kota.

Pembayaran pajak STNK motor di Indomaret pun banyak memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi konsumennya, tempat yang adem (dingin/ber-AC), jarak yang dekat dari rumah tinggal, dan waktu proses yang bisa dibilang sangat cepat karena ada beberapa kasir yang melayani konsumen.

Pengalaman lain tentang bayar pajak di Indomaret adalah ketika adanya gangguan dari jaringan internet (offline), disini transaksi kita akan terganggu dan tidak bisa mengeluarkan bukti struk pembayaran atas pajak kita. Karenanya, saat hal ini terjadi, biasanya konsumen diminta untuk mencoba kembali di lain hari.

Pengesahan STNK di Kantor Samsat

Anda senantiasa wajib melaksanakan proses pengesahan STNK di Polsek ataupun Polres dan jangan lupa bawa TBPKP yang tersimpan di ponsel Anda. Siapkan bukti TBPKP sebagai langkah cara bayar pajak motor di Indomaret selanjutnya agar Anda tidak perlu bolak-balik.

Pastikan cara-cara sebelumnya sudah benar Anda lakukan. Jika sudah, tinggal konfirmasi saja ke Kantor Samsat. Harap perhatikan jam operasional kantor Samsat, karena biasanya ada loket khusus yang disediakan oleh pihak mereka untuk prosesi pengesahan STNK yang dilakukan secara online.

Dua Tipe Pajak Motor

Kendaraan bemotor merupakan kendaraan beroda beserta gandengannya yang digunakan di seluruh tipe jalur darat serta digerakkan oleh tenaga mesin. Pajak dikenakan untuk orang ataupun industri yang mempunyai kendaraan bermotor.

Pajak kendaraan bermotor terdiri dari 2 tipe. Yakni, pajak kendaraan tahunan serta pajak kendaraan 5 tahunan. Pajak kendaraan bermotor tahunan merupakan pajak yang dibayarkan oleh owner kendaraan tiap tahunnya.

Sebaliknya, pajak kendaraan bermotor 5 tahunan merupakan pajak teratur yang wajib dibayar dalam jangka waktu 5 tahun sekali. Pajak ini erat hubungannya dengan terdapatnya pergantian pelat kendaraan dan STNK. Namun, tetap bisa dengan cara bayar pajak motor di Indomaret.