Sangat Hemat, Asuransi Mobil Bulanan yang Bisa Anda Ketahui

Sangat Hemat, Asuransi Mobil Bulanan yang Bisa Anda Ketahui

Asuransi mobil bulanan sangat dicari oleh kebanyakan orang, karena bisa menghemat pengeluaran pada kebutuhan kendaraan. Misalnya seperti kerusakan yang di mana membutuhkan biaya perbaikan dan jasa pihak bengkel.

Tetapi permasalahan tersebut sangat mudah untuk diatasi pada saat ini, tentunya dengan mengikuti dan membeli premi pada perusahaan asuransi. Tetapi, sebelum itu, Anda harus mengetahui definisi asuransi terlebih dahulu.

Secara umum asuransi adalah sebuah program kerja sama antara pihak penyedia dengan nasabah. Kemudian, apabila terjadi kecelakaan dan mengakibatkan kerusakan pada kendaraan, maka biaya perbaikan akan ditangani oleh pihak asuransi.

Namun, Anda juga perlu membayarnya setiap bulan atau waktu yang sudah tentukan oleh pihak asuransi. Hal tersebut pastinya membuat sebagian orang mengeluh terhadap pembayaran ketika situasi pandemi merajarela.

Dari banyaknya dampak dari virus covid 19, membuat berbagai pihak asuransi bermunculan untuk membantu memulihkan ekonomi masyarakat. Tentunya program tersebut masih berlaku hingga saat ini.

salah satu tantangan bagi pemilik kendaraan, terutama mobil adalah merawat semua kondisi, mulai dari mesin hingga fasilitas lainnya, seperti body. Maka dari itu, asuransi sangat berperan penting dalam menyelesaikan masalah tersebut.

Asuransi Mobil Bulanan Sangat Diminati Banyak Orang

Asuransi untuk mobil yang dibayar secara bulanan mulai ramai digunakan dan diminati sejak kasus pandemi berlangsung. Namun, bukan berarti ketika pandemi berakhir, kemudian asuransi kendaraan bulanan diberhentikan.

Program asuransi mobil secara bulanan akan terus berlaku hingga masa depan. Karena sangat menguntungkan bagi pihak asuransi dan pemiliki premi. Harga yang ditawarkannya juga relatif terjangkau dibandingkan dengan program selain bulanan.

Selain itu, Anda juga bisa menghemat pengeluaran bulanan dan mendapatkan berbagai jenis layanan asuransi. Diantaranya adalah all risk dan TLO.

Jenis layanan asuransi mobil bulanan all risk akan memberikan perlindungan kendaraan mulai dari kerusakan ringan hingga kerusakan berat. Contohnya seperti kecelakaan atau kehilangan yang diakibatkan oleh perampok.

Sedangkan, jenis asuransi TLO hanya menganggung kerugian akibat kerusakan mobil yang di mana nilai kerugiannya harus mencapai minimal 75 persen untuk proses klaimnya. Apabila ketentuan tersebut tidak sesuai, maka bisa jadi klaim asuransi akan ditolak.

Untuk harga asuransi mobil secara bulanan dari kedua jenis (TLO dan All Risk) relatif berbeda. Harga TLO lebih mudah dibandingkan dengan jenis All Risk. Kemudian juga premi asuransi mobil All Risk sekitar tiga-empat juta rupiah.

Sudah dipastikan, Anda harus mempertimbangkannya kembali sebelum membeli premi pada perusahaan asuransi terkait. Tetapi, ada beberapa cara menghitung asuransi kendaraan bulanan. Harapannya bisa membantu pengeluaran keuangan.

Berikut Cara Menghitung Asuransi Kendaraan Bulanan

Sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku tentang biaya asuransi tentunya sudah diatur serta disesuaikan. Sehingga cara menghitung premi asuransi mobil akan lebih mudah.

Pastinya perhitungan biaya asuransi mobil bulanan telah diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melalui Surat Edaran No 6/SEOJK.05/2017.

Pada surat edaran tersebut telah diatur beberapa kategori kisaran harga mobil dan presentasi per wilayah sebagai dasar perhitungan. Untuk menghitungnya sendiri, Anda harus menggunakan rumus tertentu, seperti di bawah ini.

“Presentasi Premi (harus sesuai dengan jenis asuransi mobil, wilayah, dan kategori harga mobil) X Harga mobil = Biaya Premi”.

Supaya mempermudah, kami akan menampilkan tabel secara sederhananya mengenai cara menghitung asuransi bulanan.

Kategori Wilayah Harga Mobil Wilayah 1 Wilayah 2 Wilayah 3
1 Maksimal Rp 125 juta 3,82% – 4, 20% 3,26% – 3,59% 2,53% – 2,78%
2 Rp 125 – 200 juta 2,67% – 2,94% 2,47% – 2,72% 2,69% – 2,96%
3 Rp 200 – 400 juta 2,18% – 2,40% 2,08% – 2,29% 1,79% – 1,97%
4 Rp 400 – 800 juta 1,20% – 1,32% 1,20% – 1,32% 1,14% – 1,25%
5 Lebih dari Rp 800 juta 1,05% – 1,16% 1,05% – 1,16% 1,05% – 1,16%

 

Keterangan : Wilayah satu untuk bagian daerah Sumatera dan sekitarnya, Kemudian wilayah tiga untuk DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten. Lalu, Wilayah tiga, yaitu selain dari wilayah satu dan wilayah dua.

Setelah mengetahui cara menghitung premi, maka sebaiknya Anda juga perlu memahami berbagai manfaat dari mengikuti asuransi mobil bulanan.

Karena tidak banyak orang yang tahu tentang informasi seputar asuransi kendaraaan. Sehingga mereka tidak terlalu mempedulikan kendaraannya apabila terjadi kerusakan ringan hingga berat. Berikut penjelasan secara lengkapnya.

Manfaat Mengikuti Asuransi Mobil Bulanan

Sebelum Anda mengikuti dan membeli premi pada perusahaan asuransi, kami rekomendasikan untuk mengetahui beberapa manfaat dan keuntungannya. Karena informasi ini sangat penting bagi mereka yang belum mengikuti program asuransi mobil.

Ketika memiliki kendaraan, khususnya mobil, pasti perencanaan biaya pengeluaran bulanan akan terus terkuras. Karena pada dasarnya harus membayar pajak, atau antisipasi jika terjadinya kecelakaan.

Sehingga dari kecelakaan tersebut akan mengakibatkan korban jiwa dan kerusakan pada bagian mobil. Pastinya Anda tahu, bahwa perbaikan mobil dan penggantian bagian mobil tidak murah.

Maka dari itu, untuk mengatasi dari persamalahan tersebut, sebaiknya Anda mengikuti asuransi yang disediakan oleh pihak negeri atau swasta. Tergantung keinginan dan kebutuhan. Karena, tentunya dari segi kualitas pelayanan itu relatif berbeda.

Berikut adalah manfaat atau keuntungan yang akan Anda dapat ketika sudah mengikuti program asuransi kendaraan, khususnya mobil.

  1. Memberikan Rasa Aman dan Tenang

Keuntungan asuransi yang pertama adalah memberikan rasa aman dan tenang, apalagi bagi kendaraan tersebut sering digunakan untuk pulang pergi jarak jauh. Ada saja kemungkinan yang akan terjadi, seperti tidak sengaja ditabrak oleh pengendara lain.

Tentunya ada saja bagian mobil yang mengalami kerusakan akibat tabrakan tidak disengaja tersebut. Sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi tentang biaya perbaikannya, karena sudah ditangguh oleh pihak asuransi

  1. Memberikan Perlindungan dari Risiko Kecelakaan

Manfaat berikutnya adalah memberikan perlindungan dari risiko kecelakaan. Jika terjadi kecelakaan yang diakibatkan oleh diri sendiri atau orang lain, maka masalah tersebut bisa diatasi dengan mudah.

Biasanya layanan asuransi menyediakan fasilitas mobil derek dan ambulan secara gratis tentunya. Sehingga semua biaya tidak akan ditanggung oleh pemiliki mobil tersebut.

Banyaknya kasus kecelakaan yang terjadi pada setiap waktunya, sehingga membuat para pengendara mengeluh akan biaya harus dikeluarkan untuk memperbaiki kerusakan. Tetapi, permasalahan tersebut bisa selesaikan dengan asuransi mobil bulanan, pastinya hemat!