Alasan Asuransi Mobil Baru Cash Tidak Masuk Paket Pembelian

Alasan Asuransi Mobil Baru Cash Tidak Masuk Paket Pembelian

Asuransi mobil baru cash biasanya hanya bisa dibeli secara mandiri dan tidak termasuk dalam paket pembeliannya. Beda halnya jika kita membeli mobil secara kredit yang mana asuransinya akan disertakan dalam paket pembelian.

Membeli pertanggungan untuk kendaraan memang bukan sebuah kewajiban. Akan tetapi, adanya pertanggungan tersebut bisa menghindarkan kita dari risiko kerugian yang mungkin saja terjadi di masa depan.

Seperti yang kita tahu, biaya perbaikan mobil jika terjadi kerusakan bisa sangat mahal sehingga mengganggu kondisi keuangan kita. Untuk itulah kita harus memiliki asuransi jika ingin membeli mobil.

Mengapa Asuransi Mobil Baru Cash Tidak Disertakan?

Pada pembelian mobil baru secara cash umumnya tidak menyertakan pertanggungan di paket pembeliannya. Hal itu dikarenakan proses transaksi hanya terjadi antara pembeli dan pihak dealer saja.

Adanya asuransi biasanya merupakan bentuk kerja sama antara pihak dealer dengan leasing. Sementara kita tahu bahwa proses transaksi yang bisa melibatkan pihak leasing adalah transaksi pembelian secara kredit.

Itulah kenapa asuransi mobil baru cash tidak disertakan dalam paket pembeliannya sehingga kita harus membelinya secara mandiri. Terlebih, pihak dealer akan lebih memprioritaskan konsumen yang melakukan pembelian kredit.

Kenapa Kita Harus Memiliki Asuransi Mobil?

Sama seperti penggunaan asuransi pada umumnya, asuransi mobil bertujuan untuk memberikan perlindungan pada kendaraan yang kita miliki dari risiko kerugian di masa mendatang.

Risiko kerugian tersebut biasanya terjadi begitu saja tanpa ada persiapan anggaran sebelumnya. Hal itu kerap membuat keuangan kita terganggu dan berdampak pada pemenuhan kebutuhan di sektor yang lain.

Sebut saja risiko kecelakaan yang menyebabkan kerusakan pada kendaraan, kehilangan kendaraan akibat dicuri, atau kehilangan kendaraan akibat bencana alam. Semua itu tentu saja mengakibatkan kerugian yang tidak sedikit.

Kelebihan dan Kekurangan Pembelian Mobil Cash

Membeli kendaraan secara cash di satu sisi memang dapat membuat kita lebih tenang karena tidak dipusingkan dengan cicilan. Di sisi lain, pembelian secara cash bukan menjadi prioritas dealer sehingga banyak manfaat yang hilang.

Salah satunya adalah asuransi mobil baru cash yang tidak disertakan sehingga kita harus membelinya secara terpisah. Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan pembelian cash, silakan simak ulasan berikut:

Kelebihan:

  1. Tidak dipusingkan dengan beban angsuran atau cicilan setiap bulannya. Lamanya cicilan biasanya sekitar 3-5 tahun sesuai dengan masa tenor yang dipilih.
  2. Bisa langsung menjadi pemilik kendaraan secara resmi. Hal ini berbeda dengan pembelian kredit yang mana kepemilikan baru bisa diterima setelah angsuran kredit lunas.
  3. Mudah untuk menjualnya kembali karena hak milik kendaraan tersebut sudah menjadi milik kita sehingga semua surat-surat sudah lengkap.
  4. Bebas melakukan modifikasi pada mobil jika terdapat beberapa hal yang kurang nyaman.
  5. Dapat menghindari risiko gagal bayar yang bisa saja terjadi jika membayar secara kredit.

Kekurangan:

  1. Membeli kendaraan secara cash tentu butuh dana yang cukup besar sehingga bisa menguras dana darurat.
  2. Bukan menjadi prioritas dari pihak dealer, terutama bagi para sales. Biasanya, mereka akan lebih memprioritaskan konsumen yang membeli secara kredit.
  3. Lebih lama mendapatkan unit mobil dibandingkan membelinya secara kredit. Jika pembelian kredit bisa mendatangkan mobil dalam 2 minggu, pembelian cash bisa bisa jadi lebih lama.
  4. Asuransi mobil baru cash umumnya tidak disertakan sehingga kita harus membelinya secara terpisah.
  5. Pilihan kendaraan lebih terbatas karena disesuaikan dengan total uang yang Anda miliki.

Pilihan Asuransi Mobil Baru

Pada produk pertanggungan mobil, biasanya kita akan diberikan dua jenis pertanggungan, yaitu TLO (Total Loss Only) dan All Risk. Dengan tanggungan yang lebih banyak, jenis All Risk biasanya memiliki premi yang lebih mahal.

Jika Anda memutuskan untuk membeli mobil baru secara cash, maka Anda tetap bisa memilih pertanggungan dari beberapa perusahaan penyedia. Adapun pilihan asuransinya adalah sebagai berikut:

  1. Sinar Mas

Pilihan pertama yang bisa Anda gunakan adalah asuransi dari Sinar Mas. Premi yang dibebankan untuk jenis TLO adalah senilai Rp35.000 dan jenis All Risk adalah sebesar Rp 175.000.

Manfaat:

  • Perbaikan kendaraan karena kecelakaan.
  • Ganti rugi kehilangan mobil akibat kejahatan (pencurian mobil).
  • Ganti rugi kerusakan kendaraan akibat banjir atau bencana alam lainnya.
  • Asuransi diri bagi pengemudi dengan nilai klaim mencapai 20% dari total pertanggungan kendaraan.
  • Tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga dengan limit mencapai 50% dari total pertanggungan kendaraan.
  • Dan masih banyak lagi lainnya.
  1. Allianz

Selanjutnya, Anda juga bisa menggunakan pertanggungan milik Allianz sebagai bentuk perlindungan bagi mobil. Preminya memang lebih mahal, yaitu Rp 38.900 untuk TLO dan Rp 242.334 untuk All Risk.

Manfaat:

  • Ganti rugi atas kerugian ringan, sedang (All Risk), dan juga total atau kehilangan (All Risk, TLO).
  • Ganti rugi kerusakan kendaraan akibat kerusuhan, pemogokan, atau huru-hara.
  • Ganti rugi kerusakan kendaraan akibat banjir atau bencana alam lainnya.
  • Ganti rugi dan tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga mencapai Rp 55 juta per kecelakaan.
  • Santunan kecelakaan diri.
  • Layanan derek dan ERA.
  • Perbaikan menggunakan bengkel rekanan Allianz atau bengkel resmi produsen kendaraan.
  • Jaminan ganti rugi harta pribadi dalam kendaraan mencapai Rp 10 juta.
  • Dan masih banyak lagi lainnya.
  1. MAG

Asuransi mobil baru cash selanjutnya adalah MAG yang merupakan produk milik PT. Multi Artha Guna, Tbk. Nila premi di sini adalah sebesar Rp 35.000 untuk TLO dan Rp 193.000 untuk All Risk.

Manfaat:

  • Ganti rugi atas kerusakan kendaraan jenis apapun (All Risk).
  • Ganti rugi atas kehilangan kendaraan (TLO, All Risk).
  • Ganti rugi akibat kepakaran atau petir.
  • Perluasan manfaat banjir, tsunami, kerusuhan.
  • Dan masih banyak lagi lainnya.

Pembelian kendaraan secara kredit umumnya memang menjadi prioritas bagi pihak dealer sekaligus memberi kita asuransi kendaraan. Meski begitu, asuransi mobil baru cash tetap bisa didapatkan, namun harus dibeli secara terpisah.