Takjil Buatan Sendiri: Ide Resep dan Cara Membuatnya

Takjil Buatan Sendiri: Ide Resep dan Cara Membuatnya

Ketika bulan ramadan tiba, tidak ada salahnya Anda mempelajari takjil buatan sendiri: ide resep dan cara membuatnya. Karena, ketika bulan ramadan tiba, umumnya orang-orang lebih berselera makan.

Daripada menghabiskan uang untuk membeli takjil, lebih baik membuatnya sendiri di rumah. Selain bisa meningkatkan kemampuan memasak, membuat sendiri juga jauh lebih hemat.

Membuat takjil tidak akan membutuhkan waktu lama. Anda bisa mengikuti resep dalam artikel ini dalam waktu cepat. Lantas, hasilkan hidangan yang lezat dengan tampilan menggoda.

Kolak Biji Salak Pisang sebagai Takjil Buatan Sendiri: Ide Resep dan Cara Membuatnya

Sebelum menikmati makanan berat ketika berbuka puasa, umumnya orang-orang menyantap camilan manis dan gurih terlebih dahulu. Camilan tersebut bernama takjil dan bisa terbuat dari berbagai bahan, misalnya saja buah, sayur hingga tepung.

Salah satu takjil buatan sendiri: ide resep dan cara membuatnya yang terbilang mudah ialah kolak biji salak pisang. Apabila Anda tertarik untuk membuatnya, mari menyimak caranya di bawah ini.

  1. Menyiapkan Bahan

Langkah paling awal dalam membuat kolak biji salak pisang ialah menyiapkan bahannya. Yakni 6 buah pisang kepok yang perlu dikukus dan dipotong-potong.

Lalu, siapkan juga biji salak, 4 buah daging nangka yang dipotong kecil dan 4 lembar daun pandan. Semua ini adalah bahan untuk pembuatan kolaknya.

Selanjutnya Anda perlu menyiapkan bahan untuk kuahnya. Yakni 1 buah gula merah, 350 ml santan kental dan 1000 ml air. Siapkan pula gula putih dan garam seperlunya saja.

  1. Memasak Gula Merah

Setelah menyiapkan bahan, mulai takjil buatan sendiri: ide resep dan cara membuatnya dengan memasak air dengan gula merah. Lakukan hingga gulanya larut sepenuhnya lantas saring.

  1. Menambahkan Garam

Sekarang tambahkan garam ke dalam larutan air dan gula merah tadi. Jika Anda merasa rasanya masih kurang manis, boleh ditambahkan gula pasir.

  1. Menambahkan Pandan dan Santan

Sekarang silahkan menambahkan pandan dan santan. Masak hingga mendidih sembari mengaduk terus-menerus supaya santannya tidak pecah. Apabila Anda membiarkannya saja sampai mendidih, santannya akan pecah.

  1. Menambahkan Pisang, Biji Salak dan Buah Nangka

Langkah paling akhir ialah menambahkan pisang dan biji salak lantas matikan api kompornya. Baru kemudian menambahkan buah nangka yang sudah dipotong kecil-kecil.

Resep Membuat Singkong Kuah Karamel

Pergi ke luar rumah untuk membeli takjil sebenarnya sudah menjadi kebiasaan masyarakat tanah air. Namun, bukan berarti Anda juga perlu membelinya setiap hari. Akan lebih baik jika memilih takjil buatan sendiri: ide resep dan cara membuatnya di rumah.

Apabila memasak takjil sendiri di rumah, Anda dapat membuat dalam jumlah banyak. Lalu, bisa membagikannya ke saudara, tetangga maupun teman terdekat. Bahkan juga bisa dijadikan ide bisnis sebagai usaha sampingan.

Dalam penjelasan di atas sudah dibahas mengenai cara membuat kolak biji salak pisang. Sekarang, mari mencoba memasak singkong kuah karamel dengan panduan di bawah ini.

  1. Menyiapkan Bahan

Langkah pertama dalam membuat singkong kuah karamel ialah menyiapkan bahannya. Bahan utamanya tentu saja adalah singkong. Silahkan menyiapkan singkong segar sebanyak 1 kg.

Kemudian siapkan bahan lainnya. Seperti garam, 250 gram gula aren, air, 2 sdm maizena dan 2 lembar daun pandan. Pastikan untuk menyiapkan semuanya supaya hasilnya maksimal.

  1. Mengupas dan Mencuci Singkong

Langkah selanjutnya setelah menyiapkan bahan ialah mengupas singkong dan mencucinya sampai bersih. Biasanya kulit singkong masih bercampur dengan tanah. Jadi, pastikan mencuci singkongnya sampai benar-benar bersih dan terbebas dari tanah.

  1. Merebus Singkong

Sekarang, silahkan merebus singkong hingga terasa empuk. Tambahkan sedikit garam ketika merebusnya. Jika teksturnya sudah empuk, angkat dan tiriskan singkongnya.

  1. Membuat Kuah Karamel

Untuk membuat kuah karamel, pertama campurkan dahulu maizena dan air lantas sisihkan. Sekarang iris gula merah, lantas masukkan bersama pandan ke dalam air dan masak sampai mendidih serta saring.

  1. Menghidangkan Singkong Kuah Karamel

Ketika ingin menghidangkan takjil ini, tata singkong di atas piring. Lantas, tuangkan kuah karamel ke atasnya. Singkong kuah karamel siap dinikmati.

Resep Membuat Takjil Tahu Gejrot

Takjil buatan sendiri: ide resep dan cara membuatnya tidak harus mempunyai rasa manis. Anda juga bisa membuat dengan rasa asin seperti tahu gejrot. Anda juga dapat menciptakan takjil yang berbeda setiap harinya.

  1. Menyiapkan Bahan

Langkah pertama seperti pada resep umumnya, Anda perlu menyiapkan bahan utama. Bahannya adalah 2 kotak tahu, 2 sdm gula merah, 1 sdt gula pasir, 1 sdm kecap manis, 1 biji asam matang, 150 ml air dan garam secukupnya.

Setelah menyiapkan bahan utama, sekarang menyiapkan bahan pelengkap. Bahan pelengkapnya adalah 4 siung bawah putih, 8 siung bawang merah dan 15 cabai hijau rawit.

  1. Mengolah Tahu

Anda perlu mengolah tahunya dengan memotong satu kotak menjadi 8 bagian. Lantas, goreng tahunya sampai matang dan tiriskan. Karena tahunya ada 2 kotak, Anda bisa menghasilkan 16 bagian.

  1. Memasak Bahan Lainnya

Lanjutkan resep dengan memasak 2 sdm gula merah, 1 sdt gula pasir, 1 sdm kecap manis, 1 biji asam matang, 150 ml air dan garam secukupnya sampai mendidih. Silahkan tes rasanya terlebih dahulu, lantas angkat dan saring.

  1. Mengulek Bahan Pelengkap

Mari beralih ke bahan pelengkap. Anda perlu mengulek secara kasar 4 siung bawah putih, 8 siung bawang merah dan 15 cabai hijau rawit. Untuk jumlah cabai hijau rawit boleh diganti disesuaikan dengan selera.

  1. Menghidangkan Tahu Gejrot

Untuk menghidangkan tahu gejrot, silahkan meletakkan tahu goreng pada wadah. Lantas, siram dengan kuah asam manis. Lanjutkan dengan memberi taburan bahan pelengkap.

Takjil yang terasa segar, manis dan lezat tentu menjadi hidangan menarik ketika berbuka puasa. Namun, Anda tidak harus membelinya karena bisa memilih takjil buatan sendiri: ide resep dan cara membuatnya di rumah.

Related Posts