aturan drone 2021

Berapa Usia Minimum Untuk Mengoperasikan Drone di Tahun 2021?

Perangkat Drone semakin menarik minat banyak orang untuk memilikinya. Karena gelombang besar inilah sejumlah negara mulai menerapkan aturan mengenai Drone. Karena selalu saja ada oknum yang menyalahgunakan kemajuan dari suatu teknologi.

Salah satu negara atau kawasan yang memiliki aturan ketat tentang drone adalah kawasan Uni Eropa. Lalu, berapa usia minimum secara hukum untuk mengoperasikan sebuah drone? Menurut Peraturan Drone UE 2021 yang baru, usia minimum yang diperlukan untuk memiliki drone akan diatur ulang (dengan beberapa pengecualian).

Usia Legal Untuk Mengoperasikan Drone

Usia minimum untuk mengoperasikan drone secara hukum adalah 16 tahun! Namun, Peraturan Drone UE telah mencakup sejumlah pengecualian untuk aturan ini, adapun diantaranya yaitu :

  1. Terbang Dibawah Pengawasan

Drone masih dapat diterbangkan di bawah usia minimum jika dilakukan dibawah pengawasan. Dengan demikian, pendamping harus memenuhi semua persyaratan agar dapat menerbangkan drone secara legal. Ini berarti bahwa “orang yang menyertainya” harus berusia di atas 16 tahun dan memiliki identitas berupa SIM yang diperlukan (jika perlu) untuk kelas drone dan aplikasi penerbangan masing-masing. Hal ini tercantum dalam Peraturan Drone UE 2021 dan Lisensi Mengemudi Drone UE

Selain itu, pendamping ini tentu saja harus terdaftar sebagai pilot. Dan drone harus memiliki polis asuransi yang valid.

Jika semua persyaratan ini terpenuhi, drone diperbolehkan terbang dibawah usia 16 tahun dibawah pengawasan. Tidak ada usia minimum untuk terbang dengan drone untuk kasus ini. Selain itu, semua tipe drone / kelas drone yang diizinkan dapat diterbangkan dalam kasus ini (terlepas dari berat lepas landas).

Baca Juga : DJI Mavic 2 Enterprise Advanced: Drone Baru Dengan Segudang Fitur

  1. Drone Buatan Sendiri Dengan Bobot Dibawah 250g

Jika drone adalah drone buatan sendiri (misalnya, seorang pembalap FPV) dan bobot lepas landas drone buatan sendiri ini kurang dari 250 gram, drone juga dapat diterbangkan di bawah usia 16 tahun. Bahkan tanpa pengawasan. Tidak ada usia minimum untuk hal ini.

  1. Klasifikasi Drone

Jika itu adalah drone yang telah disertifikasi dan diklasifikasikan untuk kelas drone C0 (tanda C0 ada pada drone) dan drone juga mematuhi Pedoman Toy UE (2009/48 / EC), drone ini juga dapat diterbangkan dalam kategori OFFEN dan subkategori A1 dengan usia di bawah 16 tahun.

Tidak ada batas usia minimum dalam kasus ini. Untuk catatan, saat ini belum ada drone yang mendapatkan klasifikasi atau kelas  drone sehingga tidak ada drone yang masuk dalam kelas drone C0. Sertifikasi kelas ini hanya direncanakan untuk generasi drone di masa depan.

  1. Relaksasi Khusus Negara

Menurut Peraturan Drone Uni Eropa (2019/947 – Pasal 9), setiap negara Uni Eropa memiliki kemungkinan untuk melonggarkan peraturan ini lebih lanjut. Untuk kategori OPEN (zona dimana semua biasanya terbang), setiap negara dapat menurunkan usia minimum hingga 4 tahun. Jadi, dengan usia minimum 12 sudah dapat izin untuk mengoperasikan drone. Pengecualian ini kemudian hanya akan berlaku di dalam dan untuk negara yang bersangkutan. Namun, untuk saat ini, pengecualian seperti itu belum dibuat oleh Jerman. Oleh karena itu, usia minimum tetap 16 tahun, sebagaimana ditetapkan oleh undang-undang UE, dengan semua pengecualian di atas.