Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus Permanen di iPhone

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus Permanen di iPhone

Adanya cara mengembalikan foto yang terhapus permanen di iPhone tentu menjadi kabar gembira bagi user. Terutama jika secara tidak sengaja menghapus gambar penting. Begitu juga apabila secara sengaja menghapusnya.

Kemudian tidak lama ingin supaya file tersebut kembali dalam penyimpanan. Anda tidak perlu lagi panik apabila mengalami kondisi dan keadaan seperti itu. Terlebih bisa memanfaatkan trik sederhana untuk mengatasinya.

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus Permanen di iPhone Termudah

Panduan pertama ini sebenarnya dengan memanfaatkan langsung fitur bernama Recently Deleted. Tentu berisi file dengan keadaan belum dihapus selamanya dalam waktu 30 hari. Jadi, tidak membutuhkan aplikasi pihak ketiga.

  1. Buka Aplikasi Foto

Untuk cara mengembalikan foto yang terhapus permanen di iPhone tanpa PC ini, bisa diawali dengan buka aplikasi foto. Tentu disini berisi mengenai semua data gambar kita. Baik yang sudah terhapus maupun belum.

  1. Klik Recently Deleted

Dalam mengakses file telah terhapus, perlu menuju scroll paling bawah. Disanalah kita akan menemukan fitur paling penting yaitu mengembalikan foto. Anda perlu klik recently deleted pada aplikasi foto.

  1. Cek File

Sebelumnya perlu cek file yang tersimpan dalam fitur recently deleted. Umumnya meski sudah dihapus, dalam waktu 30 masih tetap ada. Baru kemudian bila tidak diapa-apakan lagi bisa terhapus dengan sendirinya.

  1. Pilih File Ingin Dikembalikan

Sebelum proses pemulihan dilakukan, pastinya Anda disarankan pilih yang ingin dikembalikan. Tidak perlu semuanya melainkan file paling diinginkan saja. Selain itu Anda bisa langsung restore banyak foto sekaligus.

  1. Recover

Kalau sudah memilih foto yang ingin dikembalikan, Anda tinggal klik tombol recover. Tidak membutuhkan waktu lama file tersebut kembali masuk dalam penyimpanan. Pastinya sangat cepat karena ukuran filenya kecil.

Panduan Restore Foto iPhone Menggunakan iTunes

Proses mengembalikan data dengan iTunes bisa dibilang langsung menimpa konten file lain pada perangkat. Jadi, usahakan untuk memindahkan file lainnya dulu. Terutama menuju flashdisk, laptop maupun tools memori lainnya.

1. Hubungkan iPhone

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan saat restore data memakai iTunes yakni menghubungkan iPhone. Tentu antara ponsel iPhone Anda dengan komputer atau laptop. Tentunya bisa menggunakan alat berupa kabel USB.

2. Buka iTunes

Kalau sudah terhubung dengan komputer, dapat segera membuka iTunes. Kemudian disana segera muncul ikon perangkat dan dapat Anda gunakan. Menu ini sendiri langsung muncul dalam iTunes yang Anda buka sebelumnya.

3. Restore Backup

Selanjutnya Anda tinggal restore backup dalam proses selanjutnya. Bisa dibilang langkah atau cara mengembalikan foto yang terhapus permanen di iPhone dengan iTunes ini paling penting. Jadi, pastikan pakai restore backup.

4. Pilih File

Jika Anda telah klik restore backup, maka file cadangan akan segera muncul. Inilah waktu terbaik untuk pilih file yang ingin dipulihkan dalam penyimpanan. Kemudian perlu klik Restore untuk melanjutkan.

5. Tunggu Prosesnya Berjalan

Bila sudah klik Restore, artinya proses restorasi atau pengembalian file sedang berlangsung. Jadi, Anda perlu tunggu prosesnya berjalan sampai selesai. Masih sama seperti cara lain karena hanya butuh sedikit waktu.

Trik Mengembalikan File Foto dengan iCloud

Kalau Anda ingin menggunakan metode lain, iCloud dapat dimanfaatkan untuk memulihkan data. Tapi bisa dibilang mirip iTunes karena bisa menimpa file. Jadi, persiapkan dulu beragam data supaya tidak menjadi hilang.

1. Reset Ponsel

Langkah untuk menjalankan cara mengembalikan foto yang terhapus permanen di iPhone via iCloud pertama adalah reset ponsel. Bisa dibilang tergolong cukup ekstrem. Pastikan sebelumnya beragam data penting disimpan dulu.

2. Menyalakan Kembali

Bila sudah klik reset, artinya beragam data di dalamnya sudah menghilang. Tapi masih dapat dikembalikan antara sudah terhapus maupun tidak. Tapi untuk melakukannya, maka Anda harus menyalakan kembali ponsel tersebut.

3. Pulihkan iCloud

Selanjutnya Anda tinggal mengikuti beragan langkah dalam setting awal. Baru tunggu sampai beragam aplikasi atau data ponsel segera bermunculan. Baru kemudian Anda dapat klik pulihkan data ponsel dari iCloud Backup.

4. Login ID Apple

Nantinya Anda tinggal login menggunakan ID Apple yang dipakai sebelumnya dalam ponsel tersebut. Pastikan supaya login ID Apple dengan akun yang benar. Terutama supaya iCloud dapat mengidentifikasi beragam filenya.

5. Pilih File

Terakhir, pilihlah file yang ingin dikembalikan setelah terhapus. Tapi perlu memilih mana cadangan yang terdapat dalam iCloud tersebut. Tidak lama kemudian foto yang sudah Anda hapus akan kembali seperti semula.

Pada dasarnya semua tutorial yang sudah disebutkan efektif Anda pakai. Selain itu kalau berbicara soal keamanan juga terbukti bagus. Jadi, cara mengembalikan foto yang terhapus permanen di iPhone hasilnya sukses.