Cara Mengatur Spasi di Word, Karakter, Paragraf dan Baris

Cara Mengatur Spasi di Word, Karakter, Paragraf dan Baris

Saat sempat memakai Microsoft Word sebelumnya, mungkin pernah mengetahui cara mengatur spasi di word. Setidaknya Anda tahu bahwa alat pengaturnya terdapat di bar Microsoft word, tepatnya pada bagian beranda.

Saat mengetik pada Microsoft word, sudah terbentuk spasi jarak default, seperti pada barisnya yakni 1,08. Itu nantinya terus dipakai secara otomatis, termasuk setelah menambahkan poin-poin, hanya berubah jika penggunanya mengaturnya.

Terdapat opsi atur spasi-spasi dalam teks wordnya baik antar karakter, baris, maupun paragrafnya. Seperti opsi untuk memadatkan, memperluas jarak spasinya, baik secara manual maupun otomatis, semua bisa diatur dengan mudah.

Cara Mengatur Spasi di Word Versi Antar Karakter Katanya

Jarak spasi antar karakter katanya sangatlah penting, apalagi saat Anda dan orang lain membaca tulisan di Ms Word. Saat jarak antar katanya terlalu dekat atau berjarak, itu akan menyulitkan pembaca.

Banyak pengguna yang tidak memperhatikan hal ini, padahal spasi antar kata sangatlah penting. Apalagi jika Anda menuliskan sesuatu yang menuntut keformalan, seperti skripsi, surat dinas, laporan, maupun karya tulis lainnya.

Untuk cara-cara yang akan Kami berikan bisa digunakan pada MS Word berbagai seri 2010, 2010, 2016. Berikut ini merupakan cara atur jarak spasi antar karakter pada tulisan di MS word.

  1. Seleksi karakter yang ingin diatur jaraknya, gunakan CTRL+A agar lebih cepat.
  2. Pilih home pada menu bar ms Word, klik panah kecil di pojok bawah font atau bisa gunakan CTRL+D.
  3. Setelah berhasil masuk, pilih advanced dan akan muncul character spacing.
  4. Di bagian scale, Anda bisa pilih kerapatan yang diinginkan, jika kurang dari 100% maka artinya akan semakin rapat.
  5. Jika ingin mengembalikannya ke semula atau pengaturan normal, bisa pilih 100%.

Cara Mengatur Spasi di Word Versi Line Tulisannya

Baris line ini merupakan satuan berbentuk horizontal dan terdiri dari beberapa kata. Susunan karakter ini bergerak dari arah kiri ke kanan atau mungkin sebaliknya jika sedang menuliskan dalam bahasa Arab.

Mungkin sebagian besar pengguna sudah mengerti cara mengatur hal satu ini. Tapi, jika belum tahu, berikut ini beberapa langkah cara yang bisa dicoba untuk mengatur jarak barisnya.

  1. Jalankan software microsoft word dan buka dokumen yang ingin diatur atau lembar baru untuk ditulis.
  2. Blok semua tulisan yang ingin diatur jarak spasinya, sama seperti sebelumnya, gunakan CTRL+A agar menyingkat waktu.
  3. Masuk juga ke menu bar dan pilih di bagian paragraph, nantinya akan terlihat gambar panah ke atas bawah.
  4. Kebanyakan penulis pakai jarak spasi 1, ada opsi-opsi yang bisa dipilih, jika ingin menggunakan ukuran standarnya gunakan 1,5.

Mengatur Spasi di Word Versi Antar Paragraf-Paragrafnya

Rapi tidaknya tulisan bisa juga dilihat dari paragraf di MS Word. Meskipun jarak antar karakter, dan barisnya telah diatur, tapi jika paragrafnya tidak, semua sama, tulisan tetap kurang enak dilihat.

Pengaturan antar paragrafnya bermanfaat untuk memberi jarak pada heading, subheading, serta paragraf. Berikut di bawah ini adalah cara-cara mengatur jarak paragraf saat mengetik pada MS Word.

  1. Pada kali ini, Anda tidak perlu melakukan blok pada tulisan, karena nantinya akan diatur untuk semua karakter yang ada.
  2. Masuk ke menu bar home pada Ms word, pilih paragraph dan klik tanda panah ke atas bawah.
  3. Pergi ke line and paragraph spacing pada halaman, masuk juga ke menu pengaturan add space before paragraph.
  4. Di sana akan muncul beberapa pengaturan pilihan seperti spacing before dan after, atau jika ingin mengubahnya kembali bisa klik default.

Saat ini, hampir semua orang memanfaatkan produk teknologi Microsoft Word untuk berbagai keperluan. Karena itu, penting sekali paham mengenai cara mengatur spasi di word baik pada karakter, baris, maupun paragrafnya.