Tarif dan Cara Bayar Pajak Motor Scoopy 2022 Tahunan

Tarif dan Cara Bayar Pajak Motor Scoopy 2022 Tahunan

Umumnya, Pajak Motor Scoopy 2022 hanya berlaku pada kota besar saja, misalnya saja seperti Jakarta. Namun, untuk sebagian besar daerah, biasanya tidak akan dikenakan pajak progresif meski sudah mempunyai banyak kendaraan bermotor.

Biasanya, proses dari penambahan STNK ini terdiri dari beberapa waktu, yakni tahunan dan 5 tahun sekali. Selain itu, dalam membuat STNK tetap harus melakukan perpanjangan STNK dengan jumlah biaya sesuai ketetapan yang telah ada.

Harga dan Tarif Pajak Motor Scoopy

Semua pemilik kendaraan bermotor wajib membayar pajak motor Honda Scoopy 2022 setiap tahunnya. Umumnya, besar pajak motor Scoopy paling sedikit sekitar Rp. 116.000 dan paling mahal sebesar Rp. 286.000.

Biaya ini tentunya belum termasuk dari Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) yang telah dikelola oleh Jasa Raharja sekitar Rp35.000. Sehingga biaya ini akan meningkat sekitar 0,5% untuk setiap tambahan kendaraan (tarif pajak progresif).

Ada beberapa komponen yang harus dibayar dan besar tarifnya berbeda. Berikut ini komponen yang harus Anda ketahui ketika bayar pajak tahunan, yaitu:

Untuk penerbitan STNK Rp. 100.000, pengesahan STNK Rp. 25.000, penerbitan STCK  Rp. 25.000, penerbitan TNKB Rp. 60.000 dan SWDKLLJ Rp. 35.000. Sehingga total Bayar Biaya Ganti Plat sebesar Rp. 245.000

Harga scoopy Prestige FI 2021 Rp 21,125 juta dengan pajak Rp 461.000. Scoopy Stylish Rp 20,325 juta harga pajak Rp 461.000. Scoopy Sporty FI 2021 sebesar Rp 20,325 juta dengan panjang Rp 461.000.

Spesifikasi dan Varian Motor Scoopy

Adapun spesifikasi dan harga dari motor Scoopy sebagai berikut. Scoopy varian stylish dan prestige saat ini sudah menggunakan Answer Back System, Kunci Smart Key System, setta Theft Alarm tidak menggunakan starter kaki.

Umumnya, scoopy untuk varian Sporty dan Fashion, sudah menggunakan Kunci Kontak Bermagnet Otomatis dengan menggunakan starter kaki, berat kosong 94 kg.

Cara Bayar Pajak Motor Honda Scoopy

Idealnya, pajak kendaraan bisa dibayarkan di beberapa tempat. Anda harus memilih tempat yang akan memudahkan diri sendiri. Berikut ini sudah ada beberapa cara pembayaran Pajak Motor Scoopy 2022.

Membayar di kantor Samsat atau Samsat Keliling

Persyaratan yang harus Anda penuhi saat membayar melalui Samsat yakni STNK asli

dan KTP asli pemilik.

Membayar di Indomaret

Berikut ini sudah ada beberapa persyaratan dokumen yang harus dibawa saat membayar di Indomaret seperti STNK asli, KTP asli pemilik, serta Nomor HP aktif. Ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan saat bayar pajak motor Scoopy 2022 melalui indomaret.

  1. Pertama, datang ke indomaret terdekat. Lalu katakan kepada kasir bahwa anda ingin membayar pajak kendaraan
  2. Kemudian, serahkan persyaratan dokumen dan bayar. Berikutnya, Anda akan memperoleh SMS yang berisi link download STNK baru. Berikutnya, silahkan datang ke Samsat untuk mengesahkan pembayaran dan pencetakan STNK yang baru.

Membayar di Mesin ATM

Berikut ini sudah ada beberapa langkah pembayaran Pajak Motor Scoopy 2022 melalui ATM.

  1. Pertama, bisa datang ke ATM. Laku pilih menu pembayaran pajak kendaraan bermotor yang ada pada layar.
  2. Kemudian, isi formulir yang berisi nomor polisi kendaraan dan bayar. Berikutnya, struk yang Anda miliki harus bisa ditukarkan dengan STNK yang baru.
  3. Lalu lakukan penukaran struk tersebut paling lama sekitar 30 hari. Ini karena struk tidak berlaku bila melebihi ketentuan.

Membayar pajak merupakan salah satu kewajiban yang harus dilakukan setiap tahun dan lima tahun sekali sebagai warga negara yang baik. Pajak Motor Scoopy 2022 tidak akan banyak jika Anda membayar pajak setiap tahunnya.