Cara Bayar Pajak Motor di Bank Bjb Tanpa Ribet

Cara Bayar Pajak Motor di Bank Bjb Tanpa Ribet

Sekarang cara bayar pajak motor di bank Bjb mempermudah masyarakat untuk melunasi tagihan pajak kendaraan tahunan. Anda bisa bayar pajak melalui atm dari bank Bjb.

Bank Bjb sendiri semakin giat melakukan movement untuk meningkatkan kualitas pelayanannya. Bank Bjb menyediakan beberapa channel khusus untuk masyarakat tidak kerepotan membayar pajak.

Layanan ini tentu saja merupakan suatu macam jenis layanan yang akan mempermudah masyarakat. Selain itu, channel pajak dari Bank Bjb mendorong peningkatan serapan PAD atau Pendapatan Asli Daerah.

Layanan Bayar Pajak Motor di Bank Bjb

Beberapa layanan pembayaran pajak yang ditawarkan oleh bank Bjb diantaranya e-Samsat, bjb T-Samsat dan bjb E-Tax. Bagi warga jawa barat kabar ini tentu saja menggembirakan karena bayar pajak tidak lagi menunggu lama mengantri.

Bekerja sama dengan tim pembina Samsat kepolisian Jawa Barat, Dispenda atau Dinas Pendapatan Daerah dan PT Jasa Raharja, Bank Bjb merilis aplikasi E-Samsat. Lewat aplikasi ini nanti Anda bisa mendapat kode untuk bayar pajak.

E-Samsat jawa barat menjadi pioner layanan pembayaran pajak online pertama di Indonesia. E-samsat jabar ini dirilis dalam bentuk aplikasi mobile dengan nama Sambara untuk digunakan masyarakat Jawa Barat dan sekitarnya.

Anda bisa unduh dan instal aplikasi Sambara di google playstore. Nantinya aplikasi tersebut Anda gunakan untuk daftar dan dapatkan kode pembayaran untuk pajak kendaraan bermotor.

Registrasi Bayar Pajak di Aplikasi Sambara

Setelah Anda menginstal aplikasi Sambara, untuk cara bayar pajak motor di bank bjb berikutnya adalah buka aplikasi tersebut. Pada halaman beranda Aplikasi Sambara, Anda pilih opsi Info PKB.

Input nomer kepolisian dari kendaraan yang akan Anda bayar pajak tahunannya pada kolom di aplikasi sambara. Kemudian silahkan segera Anda klik opsi lanjut daftar online.

Langkah yang bisa dilakukan selanjutnya tulis nomer induk kependudukan atau Nik milik Anda sendiri. Setelahnya input juga lima digit terakhir dari nomer rangka kendaraan.

Jika Anda tidak tahu nomer rangka kendaraan, Anda bisa mengeceknya di Stnk. Jika sudah, kemudian klik lanjut. Tunggu beberapa saat sampai tampil halaman berikutnya.

Akan muncul kode untuk bayar pajak di halaman aplikasi. Catat atau screenshot kode tersebut dan masukan ketika melakukan transfer di atm atau mobile.

Bayar Pajak Melalui Mesin Atm Bjb

Cara pertama untuk bayar pajak motor di bank Bjb adalah Anda bisa langsung datang ke mesin atm bank bjb terdekat. Masukan kartu atm kemudian input nomer pin.

Pilih opsi ke menu pembayaran, lalu klik menu lainnya. Akan ada beberapa menu, Anda tap opsi pajak atau retribusi provinsi jawa barat.

Kemudian pilih opsi pajak kendaraan. Langkah selanjutnya input 16 digit angka dari kode pembayaran yang Anda dapatkan dari Aplikasi Sambara.

Klik lanjutkan, akan muncul keterangan mengenai informasi kendaraan Anda. Baca dengan teliti untuk memastikan data tersebut benar milik Anda. Jika sesuai, langsung saja klik opsi Ya.

Transaksi selesai dilakukan dan tunggu beberapa saat sampai struk pembayaran keluar. Anda bisa simpan struk tersebut sebagai bukti sah pembayaran pajak kendaraan bermotor.

Struk tersebut nantinya harus Anda serahkan ke kantor samsat terdekat. Struk pembayaran akan ditukar dengan SKKP dan paling lambat Anda menyerahkannya adalah 30 hari sejak pembayaran dilakukan.

Selain melalui mesin Atm, Anda bisa juga langsung datang ke teller bank untuk bayar pajak tahunan. Atau bisa juga dengan menggunakan mobile supaya bayar pajak motor di bank bjb bisa cepat dan tidak lama antriannya.