YouTube Go APK, Kenali Kelebihan dan Kekurangannya

YouTube Go APK, Kenali Kelebihan dan Kekurangannya

Apakah Anda sudah kenal dengan aplikasi YouTube Go apk sebelumnya? Sebagian besar pengguna internet pastinya sudah tidak asing dengan YouTube, yaitu aplikasi berbagi video terbesar dan terpopuler di dunia saat ini.

Sayangnya, YouTube adalah aplikasi yang memakan cukup banyak ruang penyimpanan pada perangkat hp. Sehingga ini dapat menganggu pengguna yang kapasitas penyimpanannya cukup kecil. Inilah awal mula dikembangkannya aplikasi YouTube Go.

Sebagian orang mungkin belum begitu akrab dengan aplikasi yang satu ini. Lantas, apa perbedaan aplikasi YouTube Go dengan YouTube reguler? Apakah terdapat keunggulan atau kekurangan pada apk tersebut? Simak jawabannya berikut ini.

Sedikit Mengenal Tentang YouTube Go Apk

YouTube Go merupakan sebuah aplikasi yang dikembangkan secara resmi oleh Google yang pertama kali dirilis pada tahun 2017. Pengembangan aplikasi ini semakin meluas dengan kehadirannya di lebih dari 100 negara termasuk Indonesia pada awal 2018.

Aplikasi YouTube Go dikembangkan untuk menyediakan platform berbagi video dengan ukuran yang lebih ringan serta penggunaan data yang lebih kecil. Menikmati konten video adalah salah satu hiburan yang paling disukai para pengguna internet.

Di platform YouTube, Anda bisa menemukan jenid video apa saja. Mulai dari konten memasak, pendidikan, komedi, review film, kuliner, hingga anak-anak, dan masih banyak lagi. Setiap hari terdapat jutaan pengguna yang mengakses berbagai konten di YouTube.

Sayangnya, untuk menikmati tayangan video di YouTube, Anda memerlukan kuota data yang cukup besar. Di samping itu, ruang penyimpanan yang dibutuhkan untuk aplikasi YouTube juga terbilang besar, yakni hingga mencapai ratusan MB.

Jadi, kehadiran YouTube Go apk menjadi solusi bagi pengguna internet yang ingin menikmati jutaan tayangan video di YouTube pada versi aplikasi yang lebih ringan. Untuk pengguna memori kecil, maka akan terbantu dengan adanya aplikasi ini.

Aplikasi ini dirancang dalam kapasitas lebih kecil sehingga lebih ramah bagi pengguna ponsel dengan spesifikasi memori yang tergolong kecil. Jadi, dengan spesifikasi minim sekalipun siapa saja dapat menikmati tayangan menarik di YouTube tanpa terganggu.

Menariknya, YouTube Go juga dirancang untuk mempermudah akses menonton video-video menarik di YouTube meskipun pada konektivitas internet yang kurang baik. Jadi, ketika Anda berada di lokasi yang jaringan internetnya buruk, YouTube Go adalah pilihan tepat.

Aplikasi ini memungkinkan Anda menyaksikan konten-konten populer dengan penggunaan data yang lebih hemat. Selain itu, Anda juga bisa dengan mudah membagikan video secara offline.

Keunggulan yang Dimiliki YouTube Go Apk

Kehadiran aplikasi YouTube Go tentu menawarkan sejumlah keunggulan yang tidak bisa Anda dapatkan dari aplikasi YouTube reguler. Lantas, apa saja kelebihan yang ada pada aplikasi YouTube versi ringan ini?

  1. Melihat Preview Video

Seiring dengan pertumbuhan konten kreator yang semakin pesat, persaingan untuk memperoleh view dalam jumlah banyak tentu semakin ketat. Hal ini memicu sebagian creator untuk memberikan judul yang sensasional cenderung menyesatkan pada konten mereka.

Judul bombastis dan bersifat mengundang sensasi atau biasa dikenal dengan istilah click bait tentu bisa membuat Anda kecewa karena isinya tidak sesuai judul. Dengan YouTube Go, Anda tidak perlu khawatir tertipu oleh click bait.

Karena saat mengetuk salah satu video di YouTube Go apk, Anda akan disuguhi preview video atau tayangan pratinjau cepat. Dari sini, Anda dapat memeriksa konten sekaligus kualitas di dalamnya.

Berdasarkan cuplikan tersebut, Anda bisa memutuskan apakah akan terus memutar video tersebut atau memilih untuk mengunduhnya. Tentunya kedua keputusan tersebut memiliki baik buruknya masing-masing.

  1. Download untuk Menonton Offline

Keunggulan kedua yaitu aplikasi YouTube Go memungkinkan Anda untuk menonton video secara offline. Ini karena YouTube Go memang dirancang untuk fokus pada video offline. Pengguna dimungkinkan untuk mendownload berbagai video populer secara gratis.

Setelah mendownload video favorit tanpa batasan waktu, Anda dapat menontonnya kapan saja dan di mana saja tanpa terganggu. Hanya saja, video yang telah didownload sebelumnya hanya dapat diakses lewat aplikasi YouTube Go saja.

Artinya, video tersebut tidak tersimpan dalam galeri perangkat Anda, bisa dikatakan hanya bisa dilihat lewat aplikasinya. Tetapi tidak perlu khawatir, Anda tetap bisa membagikannya kepada orang lain secara mudah.

  1. Hemat Kuota

YouTube Go apk sengaja dirancang untuk memberikan asupan konten video menarik dengan lebih mudah dan ringan. Saat mengakses konten di aplikasi ini, kuota data yang Anda gunakan cenderung lebih hemat.

  1. Tidak Memakan Tempat

Keunggulan YouTube Go lainnya yaitu tidak membutuhkan ruang penyimpanan yang besar. Ini karena aplikasi tersebut berukuran kecil sehingga dapat digunakan pada perangkat dengan kapasitas memori terbatas sekalipun.

Ukuran file aplikasi ini terbilang cukup kecil karena tidak sampai 100 MB. Lain dari aplikasi YouTube biasa yang bisa mengonsumsi ruang penyimpanan hingga ratusan MB. Dengan YouTube Go, Anda dapat menonton ribuan konten video menarik secara nyaman.

  1. Share Video Offline

YouTube Go memang tidak menyediakan fitur share ke medsos, seperti misalnya WhatsAPP, Facebook, dan lain-lain. Meski demikian, Anda tetap bisa share video secara online ke pengguna YouTube Go lainnya.

Kekurangan dari YouTube Go Apk

Terlepas dari keunggulan yang ditawarkan, aplikasi ini juga memiliki kekurangannya sendiri. Beberapa kekurangan berikut bisa menjadi bahan pertimbangan Anda apakah YouTube Go layak dijadikan pilihan atau tidak.

  1. Kualitas Gambar Lebih Rendah

Salah satu kekurangan YouTube Go yaitu kualitas gambar pada video yang ditampilkan relatif rendah. Sehingga konten yang Anda tonton kemungkinan kurang tajam atau bahkan gambarnya pecah-pecah.

  1. Tidak Terdapat Kolom Komentar

Sayangnya, Anda juga tidak bisa memberikan komentar untuk video yang ditonton karena fitur ini memang tidak tersedia di YouTube Go.

  1. Tidak Bisa Klik Profil

Aplikasi ini juga tidak mendukung pencarian video lain dari kreator tertentu secara instan. Karena Anda tidak bisa klik profil untuk menjelajahi video-video lain dari kreator tersebut dengan bebas.

Aplikasi YouTube Go sudah memiliki banyak pengguna saat ini. Dengan semua kelebihan dan kekurangannya, YouTube Go apk hadir sebagai platform yang lebih hemat kuota serta penyimpanan.

Related Posts