Tips Berbelanja Bahan Makanan Sehat Selama Ramadan

Tips Berbelanja Bahan Makanan Sehat Selama Ramadan

Tips berbelanja bahan makanan sehat selama ramadan sangat disarankan untuk diterapkan sebab puasa bukan sekedar ibadah. Tahukah Anda jika berpuasa di bulan ramadan juga bermanfaat bagi tubuh untuk detoks dan mengatur kembali metabolisme?

Masih banyak orang yang mengabaikan asupan makanan ketika berpuasa. Biasanya, mereka merencanakan menu berbuka ketika hari itu juga. Padahal, akan lebih baik jika merencanakan belanja bahan makanan segar dan bergizi selama berpuasa.

Ketika berpuasa, tubuh memerlukan protein, lemak baik, serat dan karbohidrat. Jadi, supaya aktivitas berpuasa Anda lancar di mana kebutuhan tubuh tercukupi, mari menerapkan tips belanja makanan dalam artikel ini.

Beberapa Tips Berbelanja Bahan Makanan Sehat Selama Ramadan

Banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh selama menjalankan ibadah puasa ketika ramadan, termasuk kesehatan. Karena bulan puasa menjadi momen tepat untuk memelihara pola makan, mari menerapkan tips berbelanja bahan makanan di bawah ini.

  1. Mempersiapkan Rancangan Menu Sahur dan Berbuka

Akan lebih baik jika Anda merancang menu sahur dan berbuka selama bulan ramadan. Sehingga makanannya sehat dan bergizi untuk keluarga. Luangkan waktu untuk merancang menunya.

Setelah merancang menunya, silahkan berbelanja bahan makanan segar untuk keperluan beberapa waktu ke depan. Merancang menu akan lebih menghemat waktu dan biaya ketika berbelanja.

Ketika menerapkan tips berbelanja bahan makanan sehat selama ramadan ini, jangan lupa memperhatikan ruang penyimpanan di rumah. Karena ada bahan yang awet disimpan dalam suhu ruang. Kemudian ada pula yang perlu dimasukkan ke dalam kulkas.

  1. Belanja dalam Jumlah Besar ketika Awal Bulan

Ada baiknya Anda belanja dalam jumlah besar ketika masih awal bulan ramadan. Mungkin tips ini terkesan akan membuat boros. Namun, sebenarnya justru akan membuat hemat sebab harga bahan makanan umumnya semakin meningkat terutama menjelang lebaran.

Jadi, silahkan belanja sebanyak-banyaknya ketika awal bulan. Pertimbangkan untuk langsung membeli banyak bahan makanan yang bisa awet sampai satu bulan. Jangan sampai hanya membeli sedikit lalu di tengah bulan harus membeli lagi dengan harga yang lebih mahal.

  1. Belanja di Pasar Tradisional

Tips berbelanja bahan makanan sehat selama ramadan berikutnya ialah mempertimbangkan pasar tradisional yang tawaran harganya lebih murah daripada supermarket. Pasar tradisional juga menyediakan bahan makanan yang segar.

Jadi, apabila tempat tinggal Anda cukup dekat dengan pasar tradisional, coba pertimbangkan untuk belanja di sana. Tidak harus selalu belanja di pasar tradisional, bisa sesekali saja supaya lebih hemat.

Kebiasaan yang Perlu Dihindari ketika Belanja

Tips berbelanja bahan makanan sehat selama ramadan juga berhubungan dengan kebiasaan yang perlu dihindari. Karena, beberapa kebiasaan di bawah ini akan membuat belanja lebih boros.

  1. Belanja ketika Minggu Sore

Hari minggu terutama ketika sore ialah waktu paling ramai di supermarket. Apabila Anda belanja pada minggu sore ketika jam sibuk, tentu merupakan ide buruk.

Ketika minggu sore, Anda akan belanja bersama banyak orang. Anda akan membuang waktu lama untuk mengantre di kasir. Bahkan mungkin berdesakan dengan orang-orang ketika mencari bahan makanan.

Oleh sebab itu, lebih disarankan untuk belanja ketika hari biasa. Luangkan waktu untuk belanja ketika supermarket sedang sepi. Sehingga lebih hemat waktu ketika belanja.

  1. Mengurangi Jajan Takjil

Biasanya ketika bulan ramadan tidak hanya ada pengeluaran untuk belanja menu sahur dan berbuka. Namun juga ada pengeluaran untuk membeli takjil atau snack untuk berbuka puasa.

Sebenarnya boleh-boleh saja membeli takjil untuk disantap ketika berbuka. Namun, lebih disarankan untuk tidak terlalu sering membelinya. Apabila membeli takjil setiap hari, tentu pengeluaran bulanan Anda akan membengkak.

Tidak ada salahnya untuk membeli takjil beberapa hari sekali. Sehingga akan lebih hemat dan tetap bisa menikmati takjil. Selain itu, sesekali Anda juga bisa membuat takjil sendiri.

Membuat takjil sendiri terbilang lebih hemat karena dengan sedikit dana bisa menghasilkan banyak takjil. Misalnya saja membuat es buah, pisang goreng, olahan kurma dan lain sebagainya.

  1. Mengurangi Bukber

Bukber merupakan momen spesial yang hanya bisa dirasakan ketika bulan ramadan. Namun, bukan berarti Anda harus menerima ajakan bukber setiap hari. Pastikan untuk memilah mana acara bukber yang perlu diikuti. Jangan mengikuti semuanya supaya tidak boros.

Cara Menyimpan Bahan Makanan supaya Awet

Setelah Anda menerapkan tips berbelanja bahan makanan sehat selama ramadan dan menghindari kebiasaan buruk, mari menerapkan cara menyimpan bahan makanannya supaya awet.

  1. Mencuci dan Memotong Bahan Makanan

Setelah Anda pulang dari belanja, langkah pertama yang perlu dilakukan ialah mencuci bahan makanan. Silahkan mencuci di bawah air mengalir supaya lebih bersih. Jangan membiarkan kotoran tersisa.

Anda juga bisa memotong bahan makanan yang diperlukan. Misalnya saja memotong daging ayam menjadi beberapa bagian supaya hemat tempat ketika dimasukkan ke dalam kulkas nantinya.

  1. Memasukkan ke Dalam Wadah

Langkah berikutnya ialah memasukkan bahan makanan ke dalam wadah. Misalnya saja memasukkan daging ayam ke dalam wadah tertutup. Jangan mencampurkan bahan makanan ke dalam satu wadah yang sama.

Misalnya saja tidak mencampurkan daging ayam dan sayuran dalam wadah yang sama. Hal tersebut berisiko membuat cita rasa dan kandungan vitaminnya berubah.

  1. Menyimpan

Setelah mencuci, memotong dan memasukkan ke dalam wadah, sekarang tentukan di mana Anda akan menyimpannya. Misalnya saja daging ayam disimpan ke dalam freezer. Sementara buah dan sayur di area pendingin.

Kemudian jangan lupa memastikan suhu kulkas senantiasa dingin supaya kualitas bahan makanan terjaga. Perhatikan juga kebersihan area penyimpanan agar tidak tumbuh kuman maupun bakteri.

Ketika bulan ramadan biasanya harga bahan makanan cenderung naik. Oleh sebab itu, perlu menerapkan tips berbelanja bahan makanan sehat selama ramadan agar tidak boros.

Related Posts