xiaomi mi mix fold indonesia

Xiaomi Resmi Memperkenalkan Mi Mix Fold Ke Pasaran

Setelah beberapa bulan belakangan beredar kabar tentang konsep foldable dari Xiaomi, kini tampaknya perusahan ini semakin serius untuk dapat dengan segera menghadirkannya ke publik.

Setelah Xiaomi sukses mengguncang pasar smartphone kemarin dengan Mi 11 Ultra, hari ini dilanjutkan dengan smartphone Foldable pertama yang akan diperkenalkan oleh pabrikan asal Tiongkok ini.

Sebenarnya tidak ada yang istimewa, karena kita sudah tahu smartphone lipat untuk pasar massal yang berasal dari brand Huawei dan Samsung. Sejarah harga Galaxy Z Fold 2 menunjukkan bahwa permintaan smartphone untuk kategori ini akan terus ada.

Di Cina, Xiaomi Mi Mix Fold diluncurkan dengan harga mulai dari $ 1500 (9999 RMB) dan sejauh ini merupakan smartphone lipat termurah yang pernah ada. Dan mungkin ini akan menjadi nilai lebih dibandingkan para rivalnya.

Ketika perangkat ini dibuka, Anda dapat menggunakan layar seluas 8,01 inci, dan ketika dilipat, layar tambahan 6,52 inci akan membuat smartphone ini jauh lebih kecil.

Dalam seri Mi Mix, inovasi masih sangat penting, sehingga kita dapat menantikan image prosesor Surge C1 yang dikembangkan oleh Xiaomi dalam kombinasi dengan liquid lens.

Baca Juga: Xiaomi Mi 11 Ultra Dinobatkan Sebagai Smartphone Dengan Kamera Terbaik

tampilan xiaomi mi mix fold
Tampilan Body Layar Xiaomi Mi Mix Fold

Desain dan Tampilan

Dengan layar OLED 8,01 inci, Mi Mix Fold adalah smartphone lipat dengan layar terbesar di pasaran saat ini. Ketika layar lipat terbuka, perangkat berukuran 173,27 x 133,38 x 7,62 milimeter dan ketika dilipat tertutup, ukurannya tetap besar 173,27 x 69,8 x 17,8mm.

Jadi Anda tidak dapat lagi berbicara tentang compact dalam konteks ini, tetapi setidaknya perangkat ini masih terlihat tipis. Xiaomi Mi Mix Fold memiliki berat 317 gram dalam versi hitam dan 332g dalam edisi khusus yang terbuat dari ceramic.

Dengan konsep Foldables, pada dasarnya ada dua opsi untuk mekanisme lipat. Layar dapat dilipat ke atau jauh dari pengguna. Huawei Mate Xs dengan demikian dapat dispensasi dengan layar kedua.

Xiaomi, bagaimanapun, menggunakan konsep varian Samsung pada perangkat ini, sehingga Mi Mix Fold membutuhkan layar tambahan saat dilipat. Layar kedua sudah mendukung AMOLED 6,5 inci dengan refresh rate 90Hz dan resolusi 2520 x 840 piksel.

Layar utama delapan inci memiliki resolusi 2480 x 1860 piksel (WQHD) dan memiliki refresh rate standar hanya 60 Hertz. Kecerahan layar utama yang besar adalah 900 lux, seperti tampilan kedua.

Layar memiliki rasio 4:3. HDR10+ dan Widevine L1 juga telah didukung, dan Xiaomi berbicara tentang AI untuk meningkatkan konten HD. Suara stereo sekarang telah menjadi standar pada smartphone Xiaomi, oleh karena itu hal ini tidaklah cukup untuk smartphone sekelas Mi Mix.

Kita berbicara tentang quad speaker di sini, tetapi seberapa baik suaranya dalam praktiknya akan menjadi jelas. Pada akhirnya, smartphone dengan konsep lipat sebesar itu dirancang untuk hiburan dan hasil suaranya sangat penting. Harman Kardon dipercayakan untuk menyetel suara diperangkat ini, dan hasilnya Mix Fold 40% lebih keras dari Mi 11.

Kinerja dan sistem Xiaomi Mi Mix Fold tentu saja memiliki prosesor Android tercepat yang saat ini ada “secara teoritis” di pasaran. Prosesor ini tidak hanya dikenal karena kinerjanya, tetapi juga karena masalah panasnya.

Xiaomi mengungkapkan dalam spesifikasi mekanisme pendinginan seperti berikut ini: “Buttery cooling system – VC chamber + Bionic-structure graphene + thermal gel + multilayer graphite sheet”. Anda akan mengetahui hasilnya dalam laporan tes apakah ini sudah cukup atau belum.

Menurut lembar data di salah satu blog, MIUI 12 memiliki basis Android 10 dalam hal ini. Ini terdengar aneh pada awalnya, karena semua perangkat kelas menengah juga disediakan dengan basis Android 11. Tetapi ini mungkin ada hubungannya dengan penyesuaian untuk layar 8 inci yang berukuran besar dalam format yang tidak biasa.

Dua versi memori dengan RAM LPDDR5 modern dan memori UFS 3.1 tersedia untuk Mi Mix Fold. Pilihannya antara 12/256GB dan 16/512GB. Dengan kehadiran peralatan ini Anda tidak perlu berkompromi dengan Xiaomi Mi Mix Fold. Seberapa baik sistem MIUI dapat berjalan pada layar 8 inci dalam rasio 4:3 dengan aplikasi masih harus dilihat nantinya.

Baca Juga: Redmi Note 10 Pro: Ponsel Jagoan Xiaomi Yang Baru

kamera xiaomi mi mix fold
Tampilan Kamera Xiaomi Mi Mix Fold

Kamera Xiaomi Mi Mix Fold

Xiaomi membuat hype besar di sekitar kamera, karena dikembangkan selama 2 tahun dengan investasi 140 juta RMB (sekitar 300 juta rupiah). Anda mungkin masih ingat nama Surge dari Xiaomi Mi 5C, yang kemudian dilengkapi dengan prosesor in-house bernama Surge S2. Namun, chipset ini tidak pernah terlihat lagi dan kami berharap bahwa prosesor gambar C1 tidak mengalami nasib yang sama.

Menurut Xiaomi, Surge C1 memastikan pemrosesan gambar yang cepat dan kualitas gambar yang lebih baik. Apa lagi yang harus anda khawatirkan tentang hal itu?

Jadi yang menarik di sini adalah berapa banyak lagi Mi Mix Fold bisa keluar dari sensor Samsung HM2 daripada Redmi Note 10 Pro yang jauh lebih murah. Xiaomi tidak ingin menaklukkan kamera-olymp dengan smartphone lipat, karena Mi 11 Ultra akan bertanggung jawab untuk hal ini.

Seri Mix dirancang untuk eksperimen dan yang menjadi sorotan kedua pada Mi Mix Fold adalah liquid lens. Anda pasti dapat membaca dengan lebih baik bagaimana tepatnya lensa seperti itu bekerja pada halaman kamera.

Pada dasarnya, teknologi ini dapat membuat sensor tambahan secara berlebihan dan membebaskan user dari modul kamera besar seperti pada Mi 11 Ultra.

Namun, Mi Mix Fold masih memiliki 3 sensor kamera dan liquid lens merupakan bagian dari kamera telefoto 8MP 3X. Saat ini, ponsel dapat mengambil gambar zoom dan makro menggunakan liquid lens.

Terlepas dari itu, perangkat ini memiliki triple camera dengan kamera utama HM2 108 megapiksel, kamera ultra-wideangle 13 megapiksel dan zoom 30X yang digunakan ganda dan kamera makro 3X. Kamera selfie stink-normal diintegrasikan ke dalam notch punch hole pada layar kedua.

Baca Juga: Resmi Diluncurkan, Ini Dia Harga dan Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 10

harga xiaomi mi mix fold indonesia

Konektivitas dan Baterai

Di sini Anda tentu saja dapat mengharapkan semua standar di Mi Mix Fold dengan pilihan frekuensi jaringan berikut: 5G, 4G: FDD-LTE, CDMA EVDO, 2G: GSM, CDMA 1x.

Xiaomi Mi Mix Fold mungkin hanya akan tersedia di Cina. Smartphone ini menawarkan Wi-Fi modern 6, Bluetooth 5.2, NFC, dan dual GPS. Sayangnya perangkat ini tanpa jack headphone 3.5mm, dan hanya mendukung USB-C versi 2.0. Selain standar, sensor yang tersedia adalah sensor barometer dan Hall (untuk smart case).

Baterai 5020 mAh dirancang untuk memberikan waktu hidup perangkat yang baik yang disertai daya charging sebesar 67 watt hanya dalam 40 menit. Pengisian Daya Nirkabel Qi kemungkinan tidak dapat dilakukan karena desain lipatnya.

Harga Xiaomi Mi Mix Fold

Sekarang Xiaomi akhirnya memiliki smartphone Foldable dalam jajaran produknya dan bisa bersaing dengan para rivalnya dari produsen lain. Meskipun sedikit telat dalam meluncurkan ponsel lipatnya, namun sepertinya Xiaomi optimis dengan rpoduknya.

Harga untuk perangkat ini berada dikisaran mulai dari $ 1500 untuk pasaran dinegeri asalnya China. Berharap tentunya produk ini dapat segera dipasarkan diluar China, karena hype dari ponsel lipat sendiri masih begitu tinggi untuk saat ini.

Pada dasarnya, tidak semua user smartphone menyukai konsep foldable karena bentuknya yang tebal dan rentan terhadap kerusakan akibat layarnya yang dilipat. Maklum, karena konsep ini baru muncul beberapa tahun belakangan, kekhawatiran akan hal seperti itu dirasa wajar tentunya.

Harga Xiaomi Mi Mix Fold sendiri tentunya menjadi daya saing yang sangat sengit bagi kompetitornya, karena Brand Xiaomi memang selalu tampil gagah berani dalam memberikan harga produknya dengan sangat terjangkau.

Jadi bagaimana, apakah Anda tertarik dengan ponsel lipat dari Xiaomi?

Baca Juga: Xiaomi Tawarkan Tiga Ponsel Layar Lipat Untuk Tahun 2021