Cara Jualan di TikTok Shop untuk Pemula Bisa Dicoba

Cara Jualan di TikTok Shop untuk Pemula Bisa Dicoba

Cara jualan di TikTok Shop untuk pemula yang perlu Anda ketahui, untuk memulai bisnis di TikTok Shop. Karena agar bisnis yang Anda jalani bisa lebih laris, Anda perlu mengetahui bagaimana cara berjualan online.

Apalagi bagi Anda yang sedang merintis usaha online, TikTok Shop ini akan sangat memudahkan Anda untuk menjalankan bisnis pribadi melalui aplikasi TikTok. Sudah banyak seller yang menggunakan platform ini.

Jadi, tidak heran jika ada banyak pelaku usaha yang mengembangkan bisnisnya ke arah digital, salah satunya melalui TikTok Shop. Bagi Anda yang ingin mengetahui cara jualan di TikTok Shop, simak penjelasan berikut ini.

Cara Jualan di TikTok Shop untuk Pemula yang Perlu Anda Ketahui

Sebelum mengetahui cara jualan di TikTok Shop, disarankan Anda memahami apa itu TikTok Shop. TikTok Shop adalah fitur e-commerce yang memberikan peluan pada penggunanya untuk berpromosi dan menjual produknya melalui aplikasi TikTok.

Untuk berjualan di platform media sosial TikTok atau TikTok Shop, pertama Anda perlu akun yang bisa didaftarkan melalui seller center TikTok Shop. Berikut adalah cara jualan di TikTok Shop untuk pemula yang perlu Anda pahami.

  1. Buka Situs Seller Center TikTok Shop

Hal pertma yang bisa Anda lakukan adalah Anda bisa membuka situs seller center TikTok Shop melalui browser dengan mengunjungi laman resmi TikTok Shop. Atau Anda bisa mengklik link berikut https://seller-id.TikTok.com/account/welcome.

  1. Daftarkan Akun Jualan

Setelah membuka laman seller center TikTok Shop, Anda bisa masuk ke halaman utama, kemudian pilih opsi “masuk menggunakan TikTok akun Anda” bila Anda sudah mempunyai akun TikTok untuk berjualan.

Jika Anda belum memiliki akun TikTok untuk berjualan, Anda juga bisa mendaftar dengan nomor telepon dan email dengan mengeklik “masuk menggunakan Phone & Email” yang ada di laman utama.

  1. Ikuti Instruksi

Selanjutnya, Anda bisa ikuti seluruh petunjuk yang telah diberikan oleh seller center TikTok Shop di situs resmi nya. Hal ini guna untuk memvalidasi dan konfirmasi akun Anda diterima ataupun ditolak oleh TikTok Shop.

  1. Isi Formulir

Setelah berhasil membuat akun, proses selanjutnya yang akan diminta dalam cara jualan di TikTok Shop untuk pemula adalah mengisi formulir. Hal itu perlu Anda isi sesuai dengan apa yang berkaitan dengan bisnis atau toko yang dimiliki beserta informasi pendukung lainnya.

  1. Isi Alamat dan Kontak yang Bisa Dihubungi

Ketika Anda mengisi formulir, Anda harus mencantumkan juga informasi alamat toko, nomor telepon, alamat email, dan lainnya. Pastikan semua kontak yang Anda berikan ke pihak TikTok Shop tersebut masih aktif.

  1. Isi Informasi Produk

Setelah mengisi alamat dan kontak yang bisa di hubungi, cara jualan di TikTok Shop untuk pemula yang selanjutnya adalah Anda akan di minta mengisi informasi produk. Anda harus mengisi informasi tentang nama toko, jenis bisnis, keterangan produk, dan lain-lain.

  1. Isi Registrasi Bisnis

Cara selanjutnya yang perlu dilakukan adalah Anda akan di minta untuk mengisi registrasi bisnis yang Anda miliki agar akun TikTok Shop bisa melakukan verifikasi dengan mudah dan lancar.

Hal itu perlu dilakukan sebagai bentuk pelegalitasan toko online Anda. Karena nantinya setelah diverifikasi Anda akan langsung bisa melakukan transaksi jual beli online di TikTok Shop.

  1. Tunggu Konfimasi dari TikTok

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, tunggu hingga TikTok memberikan konfirmasi. Pesan yang dikirimkan ini akan di berikan lewat kontak yang telah Anda kasih ke TikTok Shop. Maka dari itu, Anda harus memberikan kontak yang dapat dihubungi.

  1. Selesai

Setelah TikTok memberi konfimasi, akun Anda baru bisa memperoleh fitur dari TikTok Shop untuk menjual produk yang dimiliki. Ketika sudah selesai Anda bisa langsung melakukan jual beli online.

Tips Berjualan di TikTok Shop untuk Pemula

Setelah mendaftar di TikTok, Anda bisa melakukan hal hal yang akan membuat penjualan anda meroket. Supaya produk yang dimiliki bisa terjual laku keras. Berikut tips cara jualan di TikTok Shop untuk para pemula:

  1. Manfaatkan Katalog Produk

Tips cara jualan di TikTok Shop untuk pemula yang pertama adalah Anda bisa memanfaatkan katalog produk sebaik mungkin. Misalnya, konten video TikTok bergantung pada hashtag untuk katalog dan pencarian sesuai judul.

  1. Buat Konten yang Menarik untuk Memasarkan Produk

Anda bisa membuat konten awal untuk memperkenalkan bisni. Saat Anda membuat konten yang menarik perhatian orang banyak. Maka banyak orang mengunjungi toko online Anda dan produk Anda dapat terjual.

  1. Berikan Promo Menarik

Selanjutnya, Anda dapat memanfaatkan TikTok Ads untuk memberikan promo-promo menarik dari produk bisnis yang dijual. Terdapat beberapa jenis TikTok Ads, seperti pre-roll ads, in-feed ads, promoted hashtag challenges, dan branded effects.

Syarat dan Cara Daftar Akun TikTok Shop

Sebelum Anda berjualan di TikTok tentu Anda harus tau bagaimana syarat untuk menjadi penjual TikTok. Berikut syarat jualan di TikTok Shop daftar akun TikTok Shop untuk pemula yang bisa diikuti.

  1. Pengguna TikTok versi aplikasi non Lite.
  2. Akun TikTok utama telah memiliki sebanyak 2.000 follower.
  3. Akun TikTok aktif dan memiliki 50 video view selama 28 hari terakhir.
  4. Pengguna berusia minimal 18 tahun.
  5. Jika syarat dan ketentuan tersebut sudah terpenuhi, pilihan menu akun TikTok Shop pun akan muncul.

TikTok menyediakan fitur TikTok Shop Agar dapat memudahkan Anda dalam menjalankan bisnis digital. Oleh karena itu, penting untuk Anda ketahui cara jualan di TikTok Shop untuk pemula.

Related Posts