Tips Pilih Asuransi Jiwa Terbaik Sesuai Kebutuhan

Tips Pilih Asuransi Jiwa Terbaik Sesuai Kebutuhan

Asuransi jiwa terbaik sangat dibutuhkan untuk memberi perlindungan finansial pada keluarga ketika orang yang memilikinya mengalami hal buruk. Dalam hidup ini memang banyak sekali hal tidak terduga yang mungkin saja terjadi.

Hal terduga bisa berupa hal baik, namun bisa juga berupa hal buruk. Hal buruk yang mungkin terjadi ialah risiko terserang penyakit, mengalami PHK, bisnis bangkrut, kecelakaan hingga meninggal dunia.

Kejadian buruk tidak mungkin dapat dihindari sepenuhnya. Akan tetapi, Anda bisa mengantisipasinya dengan produk keuangan bernama asuransi jiwa. Produk tersebut akan memberikan perlindungan untuk menghadapi hal buruk di masa depan.

Ketahui Beberapa Tips Pilih Asuransi Jiwa Terbaik Ini

Asuransi jiwa mampu memberikan jaminan berupa santunan atau uang pertanggungan untuk keluarga dari pihak nasabah yang mengalami kejadian buruk. Misalnya saja kecelakaan, cacat permanen atau meninggal dunia.

Akan tetapi, asuransi jiwa terbaik harus dipilih sesuai dengan kebutuhan. Jadi, diperlukan pertimbangan matang sebelum memilihnya. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa membantu Anda dalam menemukan asuransi jiwa sesuai kebutuhan.

  1. Mengenali Kebutuhan

Hal pertama yang wajib dilakukan sebelum mencari asuransi jiwa adalah mengenali kebutuhan diri. Kenali juga manfaat perlindungan diri yang diperlukan. Karena setiap produk asuransi pasti mempunyai manfaat perlindungan yang berbeda-beda.

Jadi, tidak perlu terburu-buru mencarinya. Sesuaikan dahulu dengan kebutuhan. Jangan sampai salah memilih produk perlindungan yang tidak mampu memenuhi kebutuhan Anda.

  1. Memeriksa Kondisi Keuangan

Setelah mengenali kebutuhan perlindungan diri, Anda perlu cek premi asuransi dan menyesuaikannya dengan kemampuan bayar. Sebab, beban premi perlu dilunasi secara rutin setiap bulannya.

Apabila biaya preminya terlalu besar, tentu Anda akan kesulitan untuk melunasinya. Jika gagal melakukan pelunasan, tentu klaim tidak bisa dilakukan. Jadi, sesuaikan pula premi asuransi jiwa terbaik dengan kemampuan keuangan.

  1. Riset Produk

Tips lainnya yang tidak kalah penting ialah melakukan riset terhadap legalitas dan kredibilitas penyedia asuransinya. Termasuk kualitas produk yang ditawarkan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk cek kualitas.

Misalnya saja dengan cek status usahanya di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Silahkan membandingkan beberapa produk dan penyedia asuransinya. Lantas, temukan produk terbaik sesuai dengan kebutuhan Anda.

Berbagai Jenis Asuransi Jiwa yang Wajib Diketahui

Ada berbagai jenis asuransi jiwa terbaik yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan para penggunanya. Silahkan menentukan pilihan Anda dengan mengikuti tips yang sudah disebutkan di atas.

  1. Asuransi Jiwa Dwiguna

Jenis ini mempunyai dua manfaat, yakni sebagai asuransi jiwa berjangka sekaligus tabungan. Jadi, pemegang polis akan mendapatkan nilai tunai dari premi dalam bentuk uang pertanggungan ketika tertanggung meninggal dunia.

Biasanya periode waktu ditentukan dalam kebijakan polis asuransi. Polis juga dapat ditarik sebelum masa kontraknya berakhir. Jenis ini sangat disarankan bagi yang ingin mempunyai jaminan ketersediaan dana untuk kebutuhan tidak terduga di masa mendatang.

  1. Asuransi Jiwa Unit Link

Jenis ini menggabungkan antara manfaat asuransi dengan investasi dan paling banyak ditawarkan untuk masyarakat. Jenis ini cocok bagi orang yang tertarik dengan investasi akan tetapi tidak bisa melakukannya.

  1. Asuransi Jiwa Berjangka

Jenis ini juga umum disebut dengan term life insurance. Fungsinya menghadirkan proteksi untuk tertanggung dalam jangka waktu tertentu. Umumnya kontrak dimulai dari 5, 10 sampai 20 tahun, dengan premi tetap dan terbilang murah.

Jenis ini sangat disarankan bagi yang menginginkan jaminan masa depan keluarga namun kemampuan keuangan terbatas. Jadi, tetap bisa membayar preminya dengan lancar setiap bulan.

  1. Asuransi Jiwa Seumur Hidup

Jenis terakhir ini umum disebut dengan whole life insurance. Fungsinya ialah menghadirkan perlindungan seumur hidup. Akan tetapi, umumnya ada batasan manfaat perlindungan sampai 100 tahun.

Jenis ini cocok bagi yang tidak mempunyai tanggungan. Namun bisa memperoleh manfaat lebih dari sekedar santunan kematian. Jenis ini juga cocok sebagai ide tabungan jangka panjang.

Istilah Penting dalam Asuransi Jiwa

Ketika ingin mempunyai asuransi jiwa terbaik, Anda akan menemukan beberapa istilah penting. Anda perlu memahami istilahnya supaya bisa mendapatkan produk sesuai kebutuhan. Berikut ini beberapa istilah pentingnya.

  1. Polis

Istilah penting yang pertama adalah polis, yakni sebuah kontrak tertulis yang memuat hak dan kewajiban nasabah serta perusahaan. Jadi, tertera dengan jelas hak dan kewajiban dari kedua belah pihak.

  1. Uang Pertanggungan (UP)

Istilah penting berikutnya adalah uang pertanggungan. Yakni santunan yang diberikan oleh pihak asuransi kepada penerima manfaat tatkala ada risiko tertentu di mana dijamin oleh polis. Umumnya besaran uang pertanggungan telah disepakati dalam kontrak perjanjian.

  1. Masa Tunggu

Masa tunggu ialah keadaan dalam kurung waktu dan tertentu dan merupakan periode yang wajib dilalui oleh pemegang polis sebelum dapat melakukan klaim terhadap manfaat asuransi. Masa tunggu bisa ada dalam polis asuransi jiwa maupun kesehatan.

  1. Cuti Premi

Cuti premi ialah manfaat yang akan diperoleh nasabah tatkala membeli produk asuransi jiwa unit link. Cuti premi berarti tidak membayar premi dalam kurun waktu tertentu. Akan tetapi, nasabah tidak akan kehilangan manfaat pertanggungan dari polis miliknya.

  1. Waiver Premium

Polis asuransi jiwa ialah sebuah kontrak yang memberikan pembebasan tertanggung utama dari kewajiban membayar premi dalam kurun waktu tertentu, hal tersebut dinamakan waiver premium. Penerima manfaat adalah nasabah yang mengalami penyakit kritis atau cacat.

  1. Interim Cover

Manfaat dari polis asuransi jiwa ialah santunan tatkala tertanggung mengalami risiko meninggal dunia. Sehingga manfaatnya dapat diperoleh pada periode pengajuan sampai tanggal penerbitan polis.

Sangat diperlukan pengelolaan risiko di masa depan apabila sang pencari nafkah utama mengalami hal buruk. Kelangsungan hidup keluarga akan lebih terjamin meskipun tulang punggung keluarga tidak bisa lagi bekerja jika mempunyai asuransi jiwa terbaik.

Related Posts