Cara Kirim Uang dari Malaysia ke Indonesia

Cara Kirim Uang dari Malaysia ke Indonesia, Dijamin Aman

Bagi beberapa tenaga kerja Indonesia (TKI), Anda wajib tahu bagaimana prosedur cara kirim uang dari Malaysia ke Indonesia. Sehingga, Anda tidak perlu lagi datang ke kota asal untuk memberikan uang kepada keluarga di Indonesia.

Anda cukup melakukan pengiriman uang dari Malaysia untuk keluarga yang ada di Indonesia. Sehingga, proses pengiriman uang akan lebih praktis, mudah, dan aman. Maka sangat penting bagi para tenaga kerja asal Indonesia untuk mempelajari cara pengiriman uang.

Bahkan, Anda dapat mengirimkan uang dari Malaysia ke Indonesia tanpa perlu ke bank atau kios wallet di Malaysia. Anda bisa mengirimkan uang menggunakan aplikasi mobile yang melayani pengiriman dana dari Malaysia ke Indonesia.

Akan tetapi, ada biaya administrasi yang harus Anda bayar ketika mengirimkan uang ke sanak famili di Indonesia. Jadi, ketahui prosedur serta mekanisme pengiriman uang agar berhasil sampai ke rekening penerima dana.

BACA JUGA: Tata Cara Kirim Uang Lewat ATM ke Semua Jenis Bank

Syarat Mengirimkan Dana dari Malaysia ke Indonesia

Ada berbagai syarat yang harus Anda persiapkan saat mengirim dana dari Malaysia ke Indonesia. Syarat pertama Anda wajib membawa atau menulis kartu identitas pribadi, seperti KTP atau Paspor.

Syarat kedua, Anda harus mengetahui kode swift, kode bank, serta nomor rekening penerima dana. Sebab, proses kirim dana bisa saja gagal jika Anda tidak mengetahui kode swift, kode bank, serta nomor rekening penerima.

Syarat ketiga, Anda harus membayar biaya admin yang telah ditetapkan oleh penyedia layanan pengiriman dana. Besaran biaya admin ini tergantung besaran nominal yang akan Anda kirimkan.

BACA JUGA: Inilah Cara Kirim Uang Lewat Indomaret Beserta Keuntungannya

Tutorial Cara Kirim Uang dari Malaysia ke Indonesia Via Wise

Bagi Anda yang baru saja bekerja di Malaysia, tentu sering merasa kebingungan untuk mentransfer uang ke rekening bank di Indonesia. Anda tidak perlu khawatir, sebab ada beberapa cara mudah untuk kirim uang dari Malaysia menuju Indonesia.

Salah satunya yaitu menggunakan Aplikasi Wise. Wise adalah aplikasi yang dapat membantu Anda untuk transfer uang antar Negara, termasuk dari Malaysia ke Indonesia. Untuk dapat menggunakan aplikasi tersebut, maka Anda wajib memiliki akun Wise.

Kemudian, isi besaran uang yang akan Anda transfer kepada penerima dana. Lalu pihak Wise akan mengkalkulasi total biaya pengiriman termasuk biaya admin. Langkah selanjutnya, segera transfer uang ke rekening Wise sesuai dengan nominal yang disebutkan.

Kemudian, tunggu estimasi pengiriman yang telah diberikan oleh Wise. Jika proses transfer berhasil, Wise akan memberikan notifikasi melalui akun milik Anda. Untuk itu, Anda harus tahu betul bagaimana cara kirim uang dari Malaysia ke Indonesia melalui Wise.

BACA JUGA: Ini Dia Cara Kirim Uang Lewat Alfa Beserta Persyaratannya

Panduan Cara Mengirimkan Dana dari Malaysia ke Indonesia Melalui Agen Western Union

Kini para tenaga kerja asal Indonesia juga dapat mengunjungi agen-agen yang bekerja sama dengan Western Union. Western Union adalah perusahaan pengiriman uang antar Negara yang beroperasi secara online dan offline.

Di Malaysia, terdapat banyak kios-kios agen Western Union. Anda dapat mengirim uang ke Indonesia melalui Western Union. Caranya cukup mudah. Pastikan Anda membawa kartu identitas pribadi untuk validasi pengiriman.

Langkah selanjutnya adalah mengisi formulir yang disediakan oleh agen. Kemudian, Anda akan memperoleh kode MTCN. Berikan kode tersebut kepada penerima untuk mengambil uang yang Anda transfer melalui Western Union.

Sekarang ini Anda tidak perlu khawatir untuk transfer uang dari Malaysia ke Indonesia. Beberapa tenaga kerja Indonesia tentu membutuhkan layanan tersebut untuk mengirim uang ke sanak keluarga. Sehingga mempelajari panduan cara kirim uang dari Malaysia ke Indonesia memang sangat penting.