Jenis-Jenis Asuransi Jiwa Sinarmas dan Cara Klaim Produknya

Jenis-Jenis Asuransi Jiwa Sinarmas dan Cara Klaim Produknya

Asuransi jiwa Sinarmas hadir dalam rangka memberikan perlindungan bagi setiap risiko yang mungkin muncul di masa mendatang. Tentu tidak ada orang tahu apa yang mungkin terjadi di masa depan.

Risiko maupun kemungkinan kejadian buruk pasti ada. Misalnya saja berupa sakit, kecelakaan sampai kematian yang mendadak. Apabila tidak bersiap diri, hal tersebut bisa mengganggu finansial keluarga.

Oleh sebab itu, dibutuhkan proteksi yang mampu mengalihkan risiko tersebut. Proteksi tersebut bernama asuransi yang memberikan manfaat dari pembayaran premi. Sekarang ini sudah banyak perusahaan yang menawarkan produk asuransi jiwa termasuk Sinarmas.

Berkenalan dengan Asuransi Jiwa Sinarmas

Jika Anda memperhatikan perusahaan asuransi jiwa di Indonesia pada masa sekarang, sudah ada banyak sekali pilihannya. Mulai dari perusahaan asal luar negeri hingga perusahaan asli dalam negeri.

Salah satu perusahaan di tanah air ialah PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG Tbk. Merupakan anak usaha dari Mitsui Sumitomo Insurance yang kantor pusatnya ada di Jakarta.

Guna mendukung aktivitas bisnisnya, perusahaan tersebut mempunyai 31 kantor pemasaran yang tersebar di tanah air. Jadi, mungkin Anda pernah menjumpai kantor pemasarannya di salah satu kota.

Perusahaan tersebut memulai sejarahnya ketika tanggal 21 Desember 1984 dengan nama PT Asuransi Jiwa Purnamala Internasional Indonesia. Pada mulanya dimiliki oleh Bank Internasional Indonesia.

Lantas, ketika tahun 1989, perusahaan tersebut mengganti namanya menjadi PT Asuransi Jiwa Eka Life. Perusahaan tersebut merupakan patungan antara Sinar Mas Group dengan Ayala Corporation dari Filipina.

Selama berkongsi dengan Ayala, sukses meningkatkan kinerjanya terutama dalam bidang premi. Selama tahun 2005 sampai 2007, semua sahamnya resmi dipegang lagi oleh Sinar Mas.

Kemudian, perusahaan tersebut membuat lini bisnis syariah. Nama perusahaannya diganti lagi menjadi PT Asuransi Jiwa Sinarmas. Kantor pusatnya ada di Wisma Eka Jiwa untuk sekarang ini.

Perusahaan ini memang berkali-kali mengganti namanya sebab alasan tertentu. Setelah mengganti namanya beberapa kali seperti penjelasan di atas, rupanya masih ada satu kali lagi pergantian nama.

Ketika tahun 2011, Mistui Sumitomo Insurance mengambil alih 50% saham sehingga nama perusahaannya diubah kembali. Yakni berubah jadi PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG.

Perusahaan ini juga berhasil melantai di Bursa Efek Indonesia ketika tanggal 9 Juli 2019. Mitsui Sumitomo Insurance merupakan pemegang 80% saham dari perusahaan tersebut.

Jenis-Jenis Asuransi Jiwa dari Sinarmas

Sinarmas sudah mengantongi izin dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia. Kemudian juga mendapat izin dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Jadi, tidak perlu meragukan penawaran pilihan produknya.

  1. Asuransi Personal

Mirip dengan namanya, produk ini ditujukan bagi individu. Setiap individu boleh membeli produk ini, misalnya saja beruap produk asuransi jiwa, unit link maupun syariah.

  1. Bancassurance

Bancassurance ialah produk asuransi yang bekerja sama dengan bank. Misalnya saja asuransi jiwa sampai unit link. Sebelum memutuskan untuk melindungi diri atau keluarga dengan asuransi jiwa Sinarmas, pastikan mengenali jenis-jenis produknya.

Karena, setiap produk pasti mempunyai keunggulan dan kelemahan masing-masing. Silahkan menentukan pilihannya berdasarkan kebutuhan dan kemampuan bayar preminya. Jangan sampai sembarangan dalam memilih produk.

  1. Employee Benefit

Ada lagi jenis produk asuransi jiwa untuk perusahaan yang akan mengasuransikan karyawannya. Namun, harus ada kerja sama antara Sinarmas dengan perusahaan yang menyetujui asuransinya.

Jadi, apabila Anda melihat para karyawan di suatu perusahaan menggunakan asuransi dari Sinarmas, ada kemungkinan perusahaannya sudah menjalin kerja sama dengan Sinarmas. Tentu tidak semua perusahaan akan menjalin kerja sama.

Sinarmas sendiri bukan sekedar perusahaan yang menjual produk asuransi. Namun juga menyediakan aplikasi untuk memudahkan para nasabahnya. Hal ini dimulai ketika tahun 2020 di mana perusahaan merilis aplikasi M-Polis untuk mengelola polis nasabah.

Perusahaan juga mulai menggunakan skema penjualan virtual untuk produk tradisionalnya. Lantas, ketika tahun 2021, diluncurkan aplikasi VEGA guna menggantikan M-Polis.

Perusahaan juga berupaya memudahkan tenaga pemasar dengan meluncurkan aplikasi ORION. Kemudian diluncurkan juga aplikasi CERES guna memudahkan administrasi kepegawaian.

Cara Klaim Asuransi Jiwa dari Sinarmas

Asuransi jiwa Sinarmas dapat diklaim menyesuaikan ketentuan polis yang dimiliki. Anda bisa cek panduannya melalui website resmi. Anda juga dapat menyimak cara klaimnya di bawah ini.

  1. Ahli Waris Menyiapkan Sejumlah Dokumen

Apabila ingin klaim meninggal dunia, maka ahli waris perlu menyiapkan sejumlah dokumen penting. Tanpa dokumen penting berikut ini, tentu manfaat dari asuransi tidak dapat diambil.

  • Polis asli
  • Formulir klaim
  • Formulir surat keterangan dokter
  • Surat keterangan meninggal dunia yang diberikan oleh instansi berwenang
  • Lantas, siapkan juga bukti diri peserta ahli waris berupa KTP, bisa juga akta kelahiran atau kartu keluarga
  • Jika tertanggung meninggal dunia akibat kecelakaan, maka perlu melampirkan surat berita acara dari kepolisian
  • Lantas, bagaimana jika meninggal dunia dalam keadaan tidak wajar? Maka bisa melampirkan visum
  • Sementara jika meninggal dunia ketika di luar negeri, maka dapat melampirkan surat keterangan dari KBRI
  • Apabila ahli warisnya lebih dari satu orang, lantas pembayarannya dikuasakan ke ahli yang bukan ditunjuk, maka perlu melampirkan surat kuasa bermaterai
  1. Mengirim Dokumen ke Kantor

Langkah berikutnya ialah mengirim dokumen klaimnya ke kantor. Bisa ke kantor cabang maupun kantor pusat Sinarmas MSIG Life. Pastikan tidak salah alamat ketika mengirimkannya.

  1. Menunggu Proses Verifikasi

Pihak asuransi dari Sinarmas akan melakukan verifikasi terkait dokumen yang dikirimkan. Anda hanya perlu menunggu prosesnya berjalan sesuai prosedur dan ketentuan yang ada.

  1. Menunggu Analisis Dokumen

Setelah diverifikasi, dokumen klaim akan dianalisis. Analisis dokumen klaim akan dijalankan kurang lebih 7 hari kerja dengan hasil klaim diterima, ditolak atau membutuhkan investigasi lanjutan.

Salah satu perusahaan penyedia asuransi jiwa di Indonesia adalah Sinarmas. Tersedia banyak pilihan asuransi jiwa Sinarmas dengan kemudahan proses klaim yang sangat bermanfaat bagi masyarakat Indonesia.

Related Posts